Toyota Kenalkan Alat untuk Produksi Mobil Listrik dalam 3 Menit, Mirip dengan Tesla

Rabu, 20 September 2023 | 14:32 WIB

News Image Mobil Listrik Toyota

Toyota tampaknya semakin serius mengembangkan kendaraannya menjadi tenaga listrik atau dikenal dengan Electric Vehicle (EV). Baru-baru ini, produsen asal Jepang ini memperkenalkan alat untuk produksi mobil listrik dalam hitungan menit.

Melansir dari Carscoops, alat tersebut hampir mirip dengan milik Tesla yang bernama Gigapress. Toyota menyebutnya dengan Model Y dan memamerkannya di pabrik Myochi, Jepang. 

Selama memperkenalkan Model Y di pabrik Myochi, proses kerja alat dinilai efektif. Hal ini ditunjukkan dengan Model Y menuangkan aluminium cair ke dalam cetakan. Alhasil, alat itu membuat satu bagian yang membentuk sepertiga bagian sasis belakang.

Jika menggunakan alat yang biasa digunakan untuk membuat mobil konvensional, Toyota membutuhkan 86 bagian dalam 33 langkah pembuatan. Dengan demikian, pengerjaan pun membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Berbeda ketika menggunakan Model Y yang hanya membutuhkan kurang lebih 3 menit.

Prototipe gigapress ala Toyota ini baru dikenalkan pada September tahun lalu. Perusahaan asal Jepang ini akhirnya mengembangkan alat tersebut yang akhirnya disebut sebagai Model Y. 

Perusahaan berupaya untuk mencapai produktivitas 20 persen lebih tinggi dari pesaingnya. Dengan adanya alat itu, Toyota berharap mampu memproduksi kendaraan 3,5 juta unit pada 2030. 

Toyota baru menggunakan alat ini untuk pembuatan bagian depan dan belakang kendaraan listrik yang bakal diluncurkan para 2026. Di sisi lain, Toyota telah mengenakan baterai untuk mobil listriknya sendiri. Baterai tersebut bakal disematkan pada produknya termasuk mobil listrik miliknya yang khusus dipasarkan di Amerika Serikat, Lexus.