Resmi Diluncurkan, Begini Penampakan MG3 Hybrid+

Kamis, 29 Februari 2024 | 05:50 WIB

News Image MG3 Hybrid+

Morris Garage (MG) resmi meluncurkan mobil hybrid MG3 Hybrid+. Mobil hybrid terbaru MG ini diluncurkan di pameran otomotif Geneva Motor Show 2024.

Mobil ini ditujukan untuk dijual di pasar Eropa dan Asia-Pasifik. MG3 akan menjadi mobil hybrid konvensional non-plug in pertama dari MG. Mobil ini menggendong mesin 1.500 cc dengan sebuah motor listrik.

Teknologi powertrain Hybrid+ MG memulai debutnya pada all-new MG3. Pada intinya, ada lima elemen kunci pada sistem Hybrid+ terbaru MG, yaitu mesin, transmisi, baterai, motor listrik, dan generator.

MG mengklaim, berkat teknologi Hybrid+, MG3 menjadi model segmen B hybrid dengan akselerasi tercepat di kelasnya. Akselerasi dari 0-100 km/jam tuntas dalam 8 detik.

MG3 dilengkapi mesin bensin empat silinder 1,5 liter siklus Atkinson bertenaga 75kW dan motor listrik 100kW, serta motor generator terpisah yang memungkinkan berbagai mode pengoperasian powertrain. Total tenaga yang diproduksi mesin dan motor listriknya bisa mencapai 143 kW.

Berkat teknologi hybrid, mobil ini pun cukup irit. MG mengklaim angka konsumsi bahan bakarnya hanya 4,4 liter per 100 km atau setara 22,7 km/liter. Sumbangan emisi CO2 hanya 100 gram per km. Hal ini dibantu oleh baterai 1,83kWh, yang memungkinkan jangkauan berkendara yang jauh hanya dengan mode listrik sehingga meningkatkan efisiensi secara signifikan.

MG menyebut, MG3 bisa dikendarai dalam beberapa mode. Masing-masing mode dipilih secara otomatis oleh sistem Hybrid+. Berikut mode berkendara pada MG3:

1. EV: Berjalan hanya dengan daya listrik selama dayanya memungkinkan

2. Series: Mesin dialirkan ke generator, yang menggerakkan motor listrik untuk penggerak

3. Series and Charge: Berkendara seri, plus mengisi ulang baterai saat beban rendah

4. Drive and Charge: Mesin menggerakkan roda, sekaligus mengisi daya baterai melalui generator

5. Parallel: Mesin dan motor listrik menggerakkan roda.

Mesin MG3 dipadukan dengan transmisi otomatis tiga percepatan, yang memungkinkan pengalaman berkendara yang efisien dan menyenangkan. Pengemudi dapat menyesuaikan responsivitas MG3 dengan tiga pilihan mode berkendara - Eco, Standard, dan Sport. Mode Eco dikalibrasi untuk penghematan bahan bakar optimal dan memberikan respons throttle yang lembut bagi pengemudi, sementara Standar memberikan perpaduan antara penghematan dan kinerja, dan berfungsi dengan baik untuk sebagian besar jenis perjalanan. Sport melihat kalibrasi yang lebih responsif, memaksimalkan keluaran tenaga gabungan.