Spesifikasi dan Harga KIA EV9 GT-Line, Mobil Listrik Rp 2 Miliar Khusus untuk Keluarga di Indonesia

Selasa, 12 September 2023 | 14:40 WIB

News Image KIA EV9

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang agen KIA di Indonesia telah resmi meluncurkan mobil listrik mewah, EV9 GT-Line yang cocok untuk keluarga Tanah Air. EV GT-Line dirilis pertama kali ke pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu. 

Hadirnya EV9 GT-Line melengkapi kendaraan listrik KIA yang sebelumnya telah diluncurkan EV6 GT-Line di GIIAS pada 2022. KIA berusaha menghadirkan mobil full listrik yang nyaman dikendarai oleh konsumen Indonesia.

"KIA EV9 GT-Line menambah line up kendaraan full battery electric vehicle yang ditawarkan dari Indomobil Group. Kami terus menghadirkan model dan varian yang menarik serta diidamkan oleh konsumen Indonesia," ujar Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha (KIA), Andrew Nasuri dilansir dari ANTARA pada Selasa, 12 September 2023.

Andrew menambahkan bahwa EV9 GT-Line merupakan mobil futuristik yang dilengkapi dengan teknologi canggih dengan tujuan memberi kenyamanan serta keamanan bagi pengendara.

Spesifikasi KIA EV9 GT-Line

KIA EV9 GT-Line didesain dengan tujuh seat. Bagian eksterior khususnya pada grill telah mengusung Digital Tiger Face sehingga akan terkesan futuristik. Kesan ini didukung dengan velg berukuran 21 inci. Sementara dimesin mobil listrik Kia ini hampir mirip dengan Hyundai Palisade. 

Dari segi dapur pacu, KIA EV9 GT-Line hadir dengan dua pilihan baterai dengan tiga percepatan. Untuk versi standar, Kia menerapkan baterai 76,1 kWh yang dikonfugarasikan dengan penggerag roda belakang (RWH). Sementara versi tertinggi mengandalkan baterai berkapasitas 99,8 kWh dengan penggerak RWD atau all-wheel drive (AWD).

Khusus untuk pengguna Indonesia, Kia menawarkan EV9 GT-Line dengan kapasitas baterai 99,8 kWh dan penggerak all-wheel drive. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 385 PS dan perputaran torsi maksimum 700 Nm. Baterai yang diterapkan pada EV9 GT-Line dengan penggerak AWD ini mampu bergerak hingga 497 km ketika baterai diisi full daya.

Terkair baterai, KIA EV9 GT-Line telah didukung dengan fitur pengisian daya DC Ultra Fast Charging dan AC atau Wallbox Charging. Pengisian daya dengan DC Ultra Fast, baterai mampu mengisi hingga 250 kW dan bakal terisi penuh selama 23 menit. Sementara untuk pengisian daya dengan Wallbox Charging 11 kW di mana daya ini mampu menjalankan mobil selama 10 jam.

Selain dapur pacunya yang mumpuni, EV9 GT-Line telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih. Salah satu fitur keamanan yang jadi sorotan adalah Remote Smart Parking Assist (RSPA) 2. Teknologi ini dinilai memudahkan pengemudi untuk parking. Pasalnya mobil bisa terparkir meski tanpa arahan pengemudi baik. RSPA 2 secara otomatis menggerakkan mobil ke lokasi parkir yang sudah ditentukan.

RSPA 2 termasuk ADAS (Advanced Driver Assistance System) yakni sistem keamanan yang diterapkan Kia. Ada beberapa fitur yang termasuk sistem ADAS seperti Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control (SCC) 2, hingga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Harga KIA EV9 GT-Line

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan EV9 GT-Line, KIA menawarkan harga yang pantas yakni Rp 1.975.000.000 (on the road DKI Jakarta) dan sudah bisa dipesan melalui dealer resmi KIA. Harga ini sudah termasuk dengan layanan garansi baterai selama 8 tahun dan home charger.

Mobil listrik ini bakal diimpor langsung dari Korea Selatan alias CBU (Completely Built Up). Mobil ini juga diproduksi dalam jumlah terbatas yakni 30-50 unit saja. Bagi konsumen yang sudah melakukan pemesanan, bisa merasakan EV9 GT-Line mengaspal pada November 2023.