komparase.com

Untung Rugi Pilih Deposito Untuk Investasi

Jumat, 8 Desember 2023 | 12:00 WIB
ilustrasi investasi dengan deposito
ilustrasi investasi dengan deposito

Deposito kini populer sebagai investasi dengan profit rata-rata cukup stabil. Nasabah dapat menyesuaikan kebutuhan atau tujuan investasi dengan jenis-jenis deposito yang tersedia di bank. Deposito juga menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan simpanan konvensional.

Berikut ini keuntungan investasi deposito yang dapat anda nikmati:

·         Deposito memiliki jaminan keamanan yang ditanggung sepenuhnya oleh bank. Hal ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan anda menyimpan uang sendiri. Selain karena bank memiliki keamanan yang ketat, anda juga tidak akan bisa menggunakan uan tersebut dan bank akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap dana yang anda miliki.

·         Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan simpanan biasa. Anda juga akan memperoleh bunga berdasarkan jangka waktu masa penyimpanan yang anda pilih. Semakin lama anda menyimpan uang biasanya semakin  besar pula keuntungan yang akan diperoleh.

·         Sebagai instrumen investasi, deposito memiliki risiko yang rendah. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian. Investasi menggunakan deposito kerugianya sangat kecil bahkan minim terjadi.

·         Sertifikat deposito dapat diperjualbelikan. Hal ini dapat memberikan keuntungan ganda bagi anda. Karena pemilik dana selain memperoleh bunga dari deposito juga dapat menjual sertifikat deposito yang dimilikinya.

·         Selain dapat diperjualbelikan, sertifikat deposito juga dapat digunakan sebagai agunan saat mengajukan pinjaman ke bank. Hal ini merupakan keuntungan deposito dibandingkan dengan simpanan biasa.

·         Dana yang disimpan dalam bentuk deposito dijamin oleh lembaga penjamin simpanan (LPS0 dengan catatan bunga yang diberikan oleh bank tersebut tidak melebihi suku bunga acuan deposito dari LPS. Jadi anda tidak perlu khawatir jika bank tersebut bangkrut atau mengalami masalah dikemudian hari.

Saat anda mengambil deposito sebagai instrumen investasi, ternyata deposito juga memiliki beberapa kekurangan. Walaupaun dikatakan deposito merupakan investasi minim risiko, berikut ini kerugian deposito yang bisa terjadi saat anda memutuskan berinvestasi dengan deposito:

·         Keuntungan deposito lebih kecil dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham dan obligasi. Prinsip dasar investasi adalah dimana tingkat risiko akan sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu karena tingkat risiko rendah maka keuntungan yang diperoleh juga kecil jika dibandingkan dengan jenis investasi lainya.

·         Risiko penghapusan bunga oleh bank. Risiko ini akan diperoleh jika anda mengalami beberapa situasi seperti mencairkan dana sebelum jatuh tempo, tidak mematahui peraturan deposito ataupun bank dalam keadaan pailit. Jika anda kehilangan bunga tentu keuntungan yang diperoleh akan berkurang.

·         Hanya dapat diambil saat jatuh tempo sesuai kesepatan diawal nasabah. Hal ini tentu mengakibatkan anda tidak dapat menggunakan dana deposito jika dalam keadaan darurat. Oleh karena itu pastikan dengan matang jika mengambil waktu lama deposito atau tenor yang diberlakukan mulai dari 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan.

·         Denda dan pinalti yang diberlakukan jika nasabah menarik dana sebelum tenor deposito habis. Kebijakan ini diberlakukan oleh bank agar nasabah tidak mengambil dana sebelum jatuh tempo deposito.

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini