komparase.com

Tips Memilih Deposito Agar Semakin Cuan Dan Aman Simpan Uang

Jumat, 8 Desember 2023 | 07:00 WIB
ilustrasi menyimpan uang deposito
ilustrasi menyimpan uang deposito

Suku bunga deposito terbilang tinggi dibandingkan dengan tabungan konvensional biasa. Deposito selain digunakan sebagai sarana menabung juga dapat digunakan untuk pilihan investasi yang menguntungkan. Deposito menawarkan profit yang stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainya.

Hampir semua bank di indonesia menawarkan deposito. Namun biasanya setiap bank mmeiliki kententuan dan suku bunga yang berbeda-beda atas simpanan deposit. Berikut ini tips memilih deposito yang bagus agar dana yang disimpan bisa aman dan tetap menguntungkan.

1.       Reputasi Bank

Agar dana anda tersimpan aman, mengetahui kredibilitas dan reputasi bank adlaah hal yang paling penting untuk diketahui. Pastikan bahwa bank memiliki reputasi yang baik sehingga tidak akan ada masalah saat membuka deposito pada bank tersebut.

Perhatikan apakah bank tersebut memiliki likuiditas yang baik, sistem laporan yang stabil, sistem keamanan yang terjamin, laporan keuangan yang stabil dan transparan, serta mampu memberikan pelayanan yang nyaman dan baik.

2.       Suku Bunga Deposito Yang Diberikan

suku bunga deposito yang diberikan oleh bank menjadi salah satu penentu dimana anda akan membuka deposito. Setiap bank memiliki suku bunga deposito yang berbeda-beda satu dengan lainya.

Pastikan anda mencari informasi terkait suku bunga deposito masing-masing bank tersebut. Sebaiknya anda tidak mudah tergiur dengan bunga deposito yang terlalu tinggi melebihi batas penjaminan oleh LPS (lembaga penjamin simpanan). Pasalnya suku bunga yang tinggi diatas suku bunga jaminan LPS maka dana nasabah tidak akan dijamin oleh LPS.

3.       Jangka Waktu Deposito

Menentukan jangka waktu deposito sangat penting bagi anda yang akan membuka deposito. Pasalnya hal ini berkaitan dengan rencana keuangan. Pastikan anda memilih jangka waktu atau tenor deposito sesuai dengan kebutuhan anda dan tujuan investasi yang akan dilakukan. Jangan sampai mencairkan dana sebelum jatuh tenor karena hal ini akan membuat nasabah terkena denda.

4.       Biaya Administrasi Deposito

Sebaiknya anda mengatahui biaya administrasi dari bank yang akan menjadi tempat anda menyimpan dana deposito. Beberapa bank membebankan biaya administrasi serta pinalti atau denda.

Oleh karena itu sebaiknya anda memastikan besaran biaya administrasi yang akan dikenakan jika anda membuka deposito di bank tersebut. Sehingga anda dapat memperhitungkan ulang potensi keuntungan yang akan diperoleh.

5.       Layanan Yang Diberikan Oleh Bank

Sebaiknya sebelum membuka deposito, anda memastikan untuk layanan yang akan diberikan oleh bank tersebut. Misalnya layanna perpanjangan otomatis atau automatic roll over dan jaminan keselamatan dana dari LPS.

Pastikan saat anda hendak menggunakan deposito sebagai alternatif investasi sebaiknya telah mempertimbangkan hal-hal diatas serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Selamat berburu cuan dengan deposito.

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini