Suku Bunga Deposito Bank Mandiri, BCA, BRI Dan BNI Terbaru

Jumat, 24 November 2023 | 23:27 WIB

News Image bunga deposito rupiah

Suku bunga deposito bank terus naik berdasarkan kondisi industri. Bank indonesia (BI) kamis (23/11/2023) dilaporkan menahan suku bunga acuan berada pada level 6 % dalam rapat dewan gubernur (RDG).

Pada bulan lalu RDG BI telah menaikkan suku bunga hingga 25 basis poin (bbs) dari 5.75 % menjadi 6 %.jika suku bunga acauan tertahan maka cucuku bunga deposito perbankan juga akan terus merangkak naik. Suku bunga dari deposito perbankan yang jangka waktu 1 bulan pada oktober 2023 kemarin mencapai level 4.4 % naik 12 bbs dibandingkan dengan bulan sebelumnya dari sepetember yaitu 4.28 %.

Jika dibandingkan sepanjang tahun berjalan maka suku bunga deposito bank jangka waktu 1 bulan naik menjadi 43 bps, atau jika dibandingkan dengan desember 2022 yang suku bunganya berada pada level 3.97%.

Saat tren suku bunga deposito terus naik maka bank-bank besar layaknya PT Bank central Asia (BCA), PT Bank Rakyat Indonesa , (BBRI) akan melakukan penyesuaian terhadap suku bunga tersebut.

Berikut ini suku bunga deposito bank-bank besar di indonesia:

·         BCA

Per tanggal 14 november 2023 suku bunga deposito rupiah terendah bank BCA paling rendah ada pada level 2 % dengan jangka waktu 12 bulan. Sedangkan suku bunga deposito rupiah tertinggi berada pada angka 3.75 % dalam jangka waktu 3bulan.

Sebagai ilustrasi suku bunga tersebut untuk nominal deposito rupiah kurang dari 2Miliar, maka suku bunga per 1 bulan berada pada level 3.25 %, untuk jangka waktu 3 bulan suku bunga menjadi 3.5 %, untuk jangka waktu enam bulan suku bunga menjadi 2.5 % dan untuk jangka waktu satu tahun suku bunga menjadi 2 %.

·         BRI

Bri memiliki suku bunga deposito rupiah terednah pada level 2.25 % dalam jangka waktu satu bulan. Sedangkan suku bunga deposito rupiah tertinggi berada pada level 4 % dengan nominal simpanan diatas Rp 100 juta dan dengan jngka waktu tiga bulan. Bank Bri menaikkan suku bunga deposito untuk tenor 3 bulan menjadi 4 % pertahun dari sebelumnya 3,75 % pertahun.

·         Bank Mandiri

Bank mandiri menerapkan suku bunga deposito rupiah terendah 2.25 % untuk jangka waktu satu bulan. Untuk suku bunga deposito rupiah tertinggi pada level 2.5% dalam jangka waktu satu tahun

·         BNI

BNI menerapkan suku bunga deposito rupiah terendah pada level 2.25% dalam jangka waktu 3 bulan. Sedangkan suku bunga deposito rupiah dalam jangka waktu 6 bulan memiliki level suku bunga 2.75 % dan untuk suku bunga deposito rupiah tertinggi berada pada level 3 % dengan jangka waktu 12 bulan.