Memahami Apa Itu Deposito Dan Keuntungannya

Selasa, 28 November 2023 | 22:29 WIB

News Image keuntungan deposito

 

Deposito merupakan jenis simpanan di bank yang pencairanya hanya bisa dilakukan dengan syarta-syarat tertentu. Deposito memiliki beberapa karakteristik yaitu: hanya dapat dicairkan dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan, deposito jatuh tempo dapat diperpanjang otomatis atau automotic roll over, deposito daapat berupa mata uang asing dan rupiah.

Deposito sendiri sering disebut dengan tabungan berjangka. Jangka simpanan disini dapat dipilih oleh nasabah mulai dari 1,3, 6, 12 hingga 24 bulan. Pencairan deposito yang belum jatuh tanggal tempo pencairan biasanya akan dikenai denda.

Deposito berjangka dpaat diterbitkan dengan nama lembaga tau perseorangan. Depoisto akan memperoleh bunga yang cukup besar dan waktu pembayaranya sesuai dengan ketentuan dari bank yang digunakan.

Sertifikat deposito dirilis setelah nasabah mendaftar deposito tanpa mencantumkan nama pemilik deposito. Sertifikat depoisto in bahkan dapat diperjualbelikan kepihak lain. Untuk pembayaran bunga dapat dilakukan dimuka atau tiap bulan atau hanya saat jatuh tempo saja.

Menabung dengan menggunakan eposito memilililki beberapa keuntungan yang tidak dimiliki oleh tabungan biasa. Salah satu keuntunganya adalah deposito apat digunakan sebagai agunan atau jaminan kredit. Deposito dijamin oleh lembaga penjaminan simpanan (LPS). Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan suku bunga di bank yang akan anda daftarkan depositonya.

Keuntungan lain dari berinvestasi dengan deposito yaitu Pemilik deposito dapat mengelola keuangan seca terencana sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan sejak awal. Pengguna atau nasabah deposito setelah menempatkan dana di rekening deposito maka akan menerima surat berharga atau bilyet. Baik untuk deposito berjangka atau sertifikat deposito. Saat melakukan pencairan dana deposito maka wajib menandatangani formulir pencairan.

Jika anda berminat menyimpan uang anda dalam bentuk deposito pastikan anda memperhatikan jangka waktu dan suku bunga acuan dari bank tersebut.