komparase.com

Kartu Kredit Travel: Digibank Visa Travel Platinum vs. CIMB Visa Travel Card, Mana yang Terbaik?

Kamis, 27 Juni 2024 | 20:00 WIB
Digibank Travel Visa Platinum vs. CIMB Visa Travel Card (foto: Olahan penulis)
Digibank Travel Visa Platinum vs. CIMB Visa Travel Card (foto: Olahan penulis)

Digibank Visa Travel Platinum

Digibank Travel Visa Premium adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh Digibank, bank digital besutan Bank DBS. Kartu ini menawarkan berbagai fitur dan manfaat khusus untuk para pelancong. 

Perbedaannya dengan kartu Digibank lainnya adalah penawaran poin reward yang lebih tinggi untuk transaksi terkait perjalanan. Poin ini dapat ditukarkan dengan tiket pesawat, voucher hotel, dan hadiah eksklusif lainnya.

Kartu ini juga menyediakan asuransi perjalanan komprehensif yang mencakup asuransi kecelakaan, keterlambatan penerbangan, dan kehilangan bagasi, sesuatu yang tidak ditawarkan oleh kartu Digibank lainnya.

Selain itu, pemegang kartu ini menikmati akses eksklusif ke lounge bandara di seluruh dunia dan mendapatkan promo serta diskon khusus untuk berbagai layanan perjalanan, memberikan kenyamanan dan keuntungan ekstra yang tidak ditemukan pada kartu Digibank lainnya.

Berikut adalah rincian mengenai berbagai fitur dan manfaat dari kartu kredit Digibank Visa Travel Platinum:

1. Digibank Mileage

Salah satu fitur utama dari kartu ini adalah Digibank Mileage, yaitu reward points yang ditawarkan oleh Digibank setiap kali ada melakukan transaksi dengan kartu kredit Digibank. Untuk transaksi luar negeri, Anda bisa mendapatkan 1 Mileage Digibank setiap Rp10.000 dari transaksi yang Anda lakukan.

Sementara itu, untuk transaksi domestik, Anda bisa mendapatkan 1 Mileage Digibank setiap Rp12.500 dari transaksi yang Anda lakukan. 

2. Hidangan Gratis di Starbucks Airport Indonesia

Anda bisa menikmati hidangan gratis di Starbucks yang berlokasi di berbagai bandara di Indonesia. Untuk mendapatkan fitur ini, Anda harus memiliki transaksi minimum senilai Rp5 juta dalam periode billing sebelumnya.

3. Diskon dan Promo di Singapura

Sebagai bank Singapura, Digibank menawarkan berbagai diskon dan promo sampai dengan 50% untuk transaksi di lebih dari 150 restoran, hotel, dan toko retail maupun e-commerce di Singapura. Untuk daftar lengakpnya, Anda bisa lihat di digibank/id/en/kartu/kartu-digibank/digibank-travel-platinum" target="_blank" rel="noopener">sini.

4. Asuransi Perjalanan

Sebagai kartu kredit perjalanan, Anda berhak mendapat asuransi perjalanan sampai dengan Rp1 miliar. Manfaat ini juga bisa digunakan oleh anggota keluarga Anda.

5. Cashback dengan Digibank Mileage  

Anda dapat menukarkan Digibank Mileage menjadi cashback hingga Rp4 juta yang dapat digunakan untuk transaksi kebutuhan perjalanan Anda. Akumulasi 2.500 Mileage Digibank setara dengan cashback Rp100.000.

Nikmati penerbangan gratis dengan menukarkan mileage Digibank menjadi miles maskapai favorit Anda. 1 Digibank Mileage setara dengan 1 Krisflyer Miles, Garuda Miles Frequent Flyer, atau Asia Miles. Penukaran mileage minimum adalah 10.000 Digibank Mileage.

6. Ubah Transaksi Menjadi Cicilan

Sebagai bank digital, Digibank memiliki aplikasi mobilyang memudahkan Anda untuk melakukan transaksi kartu kredit. Hanya dengan empat langkah, Anda bisa mengubah transaksi Anda menjadi cicilan.

7. Welcome Bonus

Khusus untuk pelanggan baru Kartu Kredit Digibank, dapatkan gratis biaya tahunan untuk tahun pertama + 2.000 Digibank Mileage + tambahan cashback Rp50.000. Anda bisa menerima penggratisan biaya tahunan hanya dengan melakukan transaksi tanpa batas minimum dalam 60 hari pertama sejak kartu Anda disetujui.

Selain itu, Anda juga bisa dapatkan 2.000 Digibank Mileage hanya dengan melakukan akumulasi transaksi ritel minimum Rp750.000 dalam 60 hari pertama sejak kartu Anda disetujui. Nikmati tambahan cashback Rp50.000 hanya jika total transaksi mencapai minimum Rp1 juta dalam 60 hari pertama sejak kartu Anda disetujui.

Untuk info lebih lanjut mengenai Digibank Visa Travel Platinum, digibank-travel-visa-platinum" target="_blank" rel="noopener">klik di sini

CIMB Visa Travel Card

CIMB Visa Travel Card adalah kartu kredit yang dirancang khusus untuk pelancong, menawarkan poin reward lebih tinggi untuk transaksi perjalanan, akses eksklusif ke lounge bandara, dan asuransi perjalanan yang komprehensif.

Kartu ini juga menyediakan promo dan diskon khusus untuk pembelian tiket pesawat, booking hotel, dan transaksi di restoran, menjadikannya lebih unggul dibandingkan kartu kredit CIMB Niaga lainnya yang biasanya tidak menawarkan keuntungan spesifik untuk perjalanan.

Dengan berbagai fitur ini, CIMB Visa Travel Card memberikan kenyamanan dan manfaat ekstra bagi mereka yang sering bepergian.

Berikut adalah berbagai fitur dan manfaat dari CIMB Visa Travel Card:

1. Bebas Iuran Tahunan

Salah satu keunikan dari kartu ini adalah adanya penggratisan biaya tahunan untuk tahun pertama bagi kartu utama dan kartu tambahan.

Fasilitas ini bisa berlaku untuk tahun kedua dan seterusnya apabila Anda melakukan transaksi minimal Rp24 juta per tahun dengan kartu utama atau mendaftarkan kartu utama/tambahan Anda ke program credit protector CIMB Niaga. Untuk daftar program ini, Anda bisa hubungi layanan CIMB Niaga di nomor 14041.

2. Poin Xtra Lebih Banyak

Setiap transaksi Anda akan mendapatkan Poin Xtra yang dapat dikumpulkan. Poin Xtra bisa ditukar dengan mileage dengan nilai tukar yang kompetitif untuk penerbangan ke berbagai destinasi. Semakin banyak transaksi yang Anda lakukan, semakin besar tabungan mileage Anda.

Anda bisa mendapatkan 200 Poin Xtra untuk setiap transaksi ritel sebesar Rp50.000 di situs maskapai penerbangan (seperti www.singaporeair.com, www.airasia.com, dll), atau 100 Poin Xtra untuk transaksi ritel lainnya.

Poin Xtra dari Visa Travel Card dapat ditukar dengan Mileage Airline dengan nilai tukar yang kompetitif: 30.000 Poin Xtra setara dengan 1.000 KrisFlyer, 1.000 AirAsia Points, 500 GarudaMiles, atau 500 Asia Miles.

3. Ubah Transaksi Jadi Cicilan

Dengan kartu ini, Anda bisa berbelanja sekarang dan membayarnya bulan depan dengan cicilan 0%.

Transaksi ritel Anda bisa diubah menjadi cicilan 0% selama 3 bulan, hanya dengan minimum transaksi Rp300.000 melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, atau Layanan CIMB Niaga 14041. Transaksi dilakukan paling lambat 7 hari kerja sebelum tanggal cetak tagihan. 

4. Fitur Contactless

Fitur contactless adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi kartu kredit tanpa menggunakan PIN di mesin EDC. Di CIMB Niaga, fitur ini disebut juga sebagai Metode Wave.

5. Visa Global Customer Assistance Service

Sebagai kartu Visa, Anda mendapatkan layanan customer assistance 24/7 secara gratis.

6. Perlindungan Asuransi

Sebagai kartu kredit perjalanan, CIMB Visa Travel Card juga menyediakan berbagai asuransi, seperti perlindungan pembelian, asuransi kecelakaan dan perjalanan, serta asuransi ketidaknyamanan dalam perjalanan.

7. Airport Lounge

Dengan Poin Xtra, Anda bisa mendapatkan fasilitas airport lounge yang tersebar di berbagai bandara di Indonesia. Anda bisa mengecek daftar airport lounge yang tersedia di sini

Untuk info lebih lanjut mengenai CIMB Visa Travel Card, klik di sini

Biaya dan Persyaratan

Berikut adalah perbandingan rincian mengenai biaya dan persyaratan untuk mendapatkan kartu Digibank Travel Visa Platinum dan CIMB Visa Travel:

Biaya dan Persyaratan

Digibank Travel Visa Platinum CIMB Visa Travel
Provider Kartu Visa Visa
Iuran Tahunan Rp750.000 Rp350.000
Biaya Tahunan Kartu Tambahan Rp450.000 Rp150.000
Purchase Rate 1,75% 0,99%
Cashback Rate - -
Biaya Penarikan Tunai Minimum 6% dari jumlah penarikan tunai atau min. Rp100.000 6% atau Rp300.000 per transaksi
Denda Keterlambatan Pembayaran 1% dari total tagihan Kartu Kredit atau maksimal Rp100.000 1% dari jumlah total tagihan atau min. Rp75.000. dan maks. Rp100.000
Penghasilan Minimal Rp10 juta Rp7,5 juta
Usia Pemegang Kartu Utama 21-65 tahun 21-65 tahun

Kesimpulan

Sekilas, kedua kartu memiliki fasilitas serupa, tetapi ada beberapa fitur dan aspek yang menjadi keunikan tersendiri bagi masing-masing kartu. Digibank memiliki fasilitas cashback hingga Rp4 juta, diskon dan promo khusus di Singapura, serta welcome bonus yang menarik. Sementara itu, CIMB Visa Travel memiliki keuntungan seperti bebas iuran tahunan, bunga lebih kecil, serta biaya dan persyaratan yang lebih rendah. 

Sekilas, fasilitasnya terlihat sebanding dengan harganya. Akan tetapi, jika kita lihat di program reward points-nya, Digibank menawarkan 1 Mileage setiap Rp10.000 transaksi ritel. Sementara itu, CIMB Niaga menawarkan 100 Poin Xtra setiap Rp50.000 transaksi ritel. Ini setara dengan 1 Poin Xtra setiap Rp500 transaksi ritel.

1 Digibank Mileage bisa dikonversi jadi 1 KrisFlyer Miles, Garuda Miles Frequent Flyer, atau Asia Miles. Di sisi lain, 30.000 Poin Xtra bisa dikonversi jadi 1.000 KrisFlyer Miles, 1.000 AirAsia Points, 500 GarudaMiles, atau 500 Asia Miles. 

Jika dihitung, Anda bisa mendapat mileage lebih murah melalui Digibank Travel Visa Platinum dibandingkan CIMB Visa Travel. Selain itu, Digibank memberi tambahan mileage dari welcome bonus. Berdasarkan hal tersebut, bisa dikatakan bahwa Digibank Travel Visa Platinum merupakan produk yang terbaik.

 

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini