komparase.com

5 Kartu E-Money Terbaik Besutan Bank di Indonesia

Minggu, 16 Juni 2024 | 20:00 WIB
Ilustrasi Kartu E-money (foto: GoUKM)
Ilustrasi Kartu E-money (foto: GoUKM)

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan uang elektronik atau e-money telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

E-money menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi tanpa perlu menggunakan uang tunai sehingga membantu mengurangi risiko kehilangan uang fisik dan mempersingkat waktu transaksi.

Berbagai bank di Indonesia telah mengeluarkan produk e-money masing-masing, dengan fitur dan keuntungan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Artikel ini akan membahas lima kartu e-money terbaik yang dikeluarkan oleh bank-bank terkemuka di Indonesia. Dengan mempertimbangkan aspek seperti kemudahan penggunaan, jaringan merchant yang luas, biaya transaksi, dan berbagai fitur tambahan yang ditawarkan, kami akan memberikan panduan yang komprehensif untuk membantu Anda memilih kartu e-money yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mari kita telusuri lebih lanjut dan temukan kartu e-money terbaik yang dapat memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam setiap transaksi Anda.

5 Kartu E-money Terbaik Besutan Bank di Indonesia

1. BCA Flazz

Produk E-Money pertama yang akan dibahas adalah Flazz BCA, yang diterbitkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) untuk memfasilitasi transaksi atau pembayaran digital sebagai pengganti uang tunai.

Flazz BCA sering dianggap sebagai pelopor uang elektronik dari perbankan. Kartu Flazz BCA tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan tidak ada bunga.

Bertransaksi dengan Flazz BCA sangat cepat karena kartu E-Money ini menggunakan teknologi chip dari Radio Frequency Identification (RFID) yang memungkinkan pemrosesan transaksi hanya dengan sentuhan atau tap dalam hitungan detik.

Anda dapat menggunakan Flazz BCA untuk berbelanja di minimarket, membayar tiket TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, membayar tol, dan masih banyak lagi.

Bahkan jika Anda bukan nasabah BCA, Anda tetap bisa memiliki kartu Flazz BCA. Selain itu, transaksi dengan kartu ini tidak memerlukan PIN atau tanda tangan.

Untuk melakukan top up atau isi ulang saldo Flazz BCA, Anda dapat melakukannya mulai dari Rp20 ribu hingga maksimal Rp2 juta di ATM BCA, kantor cabang BCA, minimarket, dan tempat lainnya.

Pengecekan saldo dapat dilakukan melalui ATM, mesin EDC BCA, dan aplikasi BCA Mobile. Jika Anda ingin membeli kartu Flazz BCA, Anda bisa mendapatkannya di kantor cabang BCA, minimarket, sales representative Flazz BCA, stasiun, atau merchant online.

2. E-Money Mandiri

Selanjutnya, ada produk E-Money dari Bank Mandiri yang dikenal dengan E-Money Mandiri. Pada dasarnya, E-Money Mandiri dan Flazz BCA memiliki fungsi yang sama, hanya bank penerbitnya yang berbeda.

Dengan E-Money Mandiri, Anda dapat berbelanja tanpa menggunakan uang tunai di minimarket, naik Transjakarta dan KRL Commuter Line, MRT Jakarta, membayar tol, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mendapatkan E-Money Mandiri di Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, toko-toko atau merchant retail yang telah bekerja sama, merchant online seperti Tokopedia, Kantor Pos, serta ATM Link atau ATM yang memiliki logo ATM Bersama.

Untuk biaya top up, Anda akan dikenakan biaya pengisian saldo jika melakukan top up melalui kanal-kanal non-Bank Mandiri sesuai dengan kebijakan penyedia jasa top up.

3. BNI TapCash

Produk E-Money berikutnya adalah TapCash BNI, yang diterbitkan oleh Bank BNI.

Popularitas TapCash BNI kini sudah hampir menyamai E-Money Mandiri dan Flazz BCA. Jika dilihat dari fungsi dan teknologi, kartu ini serupa dengan keduanya.

Dengan TapCash BNI, Anda dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran sehari-hari seperti berbelanja di minimarket Alfamart dan Indomaret, membeli tiket TransJakarta, MRT, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan TapCash BNI di kantor Cabang Bank BNI dan mitra yang bekerja sama dengan TapCash.

Memiliki TapCash BNI juga tidak akan dikenakan bunga dan biaya administrasi bulanan.

4. BRI BRIZZI

Selanjutnya, ada produk E-Money dari Bank BRI yang dikenal dengan BRIZZI BRI.

BRIZZI BRI dapat digunakan untuk berbagai transaksi pembayaran seperti tol, tiket TransJakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, serta di toko retail seperti Indomaret dan Alfamart, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan BRIZZI di Kantor Cabang Bank BRI dan merchant-merchant yang bekerja sama.

Untuk cek saldo, Anda bisa melakukannya di mesin ATM BRI Link dan melalui aplikasi BRI Mobile.

Top up saldo BRIZZI dapat dilakukan secara online, melalui ATM BRI dan non BRI, serta di merchant ritel.

5. MegaCash

Selain bank-bank jumbo, Bank Mega juga turut meluncurkan e-money untuk memanjakan nasabahnya, yang dikenal dengan MegaCash. E-money ini dapat digunakan di berbagai tempat sebagai bagian dari partisipasinya dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

Beberapa tempat yang menerima pembayaran dengan MegaCash antara lain transportasi umum seperti TransJakarta, Railink Kualanamu, dan wahana hiburan seperti Trans Studio, dan lain-lain.

Kartu Mega Cash terbagi menjadi dua tipe, yaitu unregistered dan registered. Kartu MegaCash unregistered memiliki saldo maksimal hingga Rp1 juta dan ditujukan untuk nasabah Non-Bank Mega.

Sedangkan, Kartu MegaCash registered memiliki saldo maksimal hingga Rp5 juta dengan data yang telah dicatat oleh pihak Bank Mega.

Untuk isi ulang saldo, Anda bisa menggunakan mobile banking Bank Mega, isi ulang melalui SMS, atau di berbagai merchant retail yang bekerja sama.

 

Lihat Juga Mobil Bri

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini