Mengenal Apa Itu Deposito Dan Perbedaanya Dengan Tabungan

Rabu, 22 November 2023 | 14:11 WIB

News Image memahami apa itu deposito

Metode penyimpanan uang sekarang sangat beragam. Tidak hanya membuka rekening tabungan biasa, anda juga bisa membuka deposito. Secara sederhana deposito merupakan rekening simpanan yang terikat dengan sejumlah syarat. Seperti jumlah setoran, jangka waktu serta saldo minimum yang diperlukan untuk membuka rekening.

Agar semakin gamblang berikut ini perbedaan antara tabungan dengan deposito :

1.       Jumlah Setoran Minimal

Perbedaan palig mencolok antara tabungan dengan deposito adalah setoran minimal. Jika menabung biasa setoran bisa dilakukan kehendak oleh nasabah namun untuk deposito hal ini sudah ditentukan terlebih dahulu untuk setoran awalnya. Setoran minimal deposito berbeda-beda tergantung kebijakan dari bank

2.       Jangka Waktu Pencairan

Tabungan biasanya lebih fleksibel kapan saja bisa di cairkan, namun hal ini berbeda dnegan deposito. Umumnya deposito memiliki waktu tertentu untuk pencairan berdasarkan kesepakatan atau kebijakan bank tersebut. Waktu pencairan bisa mulai dari 1 bulan atau 1 tahun dan lain-lain. Jika mengambil dana deposito sebelum waktunya yang disepakati makan nasabah akan dikenai biaya pinalti.

3.       Jumlah Suku Bunga

Umumnya deposito di bandk menawarkan suku bunga antara 5 hingga 6.5 persen pertahun. Suku bunga ini dibandingkan dengan tabungan tentunya lebih besar. Suku bunga tabungan pertahun rata-rata hanya 1-2 persen saja tergantung nominal jumlah tabungan yang ada di bank. Selain itu tabungan dikenakan biaya administrasi yang harus dibayarkan perbulan oleh nasabah sedangkan deposito, nasabah dibebaskan oleh biaya administratsi.

4.       Financial Planning

Umumnya deposito dikaitkan dengan rencana keuangan atau investasi. Tabungan umumnya cenderung digunakan untuk jangka pendek yang bisa digunakan sehari-hari. Sedangkan deposito biasanya digunakan dalam jangka panjang sehingga masuk dalam instrumen investasi perbankan.

5.       Perbedaan Lainya

Selain dari segi fleksibilitas, besaran suku bunga, setoran minimal, deposito juga memiliki kebijakan yang lain. Beberapa rekening tabungan memiliki sistem saldo mengendap yang tidak dapat ditarik, pada deposito rekening deposito memberikan imbal hasil yang lebih besar karena suku bunga yang lebih tinggi namun memiliki bebasan biaya administrasi. Berbeda dengan rekening tabungan yang memiliki buku tabungan dan ATM, pada rekening deposito , nasabah hanya akan menerima bilyet giro setelah membuka rekening deposito.