6 Perbedaan Sistem Penggerak RWD dan FWD pada Mobil

Minggu, 26 November 2023 | 23:56 WIB

News Image Ilustrasi Sistem Penggerak Mobil

Sistem penggerak belakang (RWD) tengah hangat diperbincangkan setelah Toyota Avanza Reborn berhasil melalui tanjakan Spongebob. Akibatnya, banyak konsumen yang mencari mobil lawas dengan sistem penggerak ini.

Sistem penggerak ini umum digunakan pada SUV karena daya dorongnya yang lebih kuat ketika berada di medan yang berat. Namun, sistem penggerak ini juga seringkali diterapkan di sejumlah jenis mobil seperti MPV. Sayangnya, penggunaan RWD di MPV mulai tersingkirkan dan digantikan dengan sistem penggerak depan (FWD).

Alasan sistem penggerak RWD mulai digantikan dengan FWD diungkapkan Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi belum lama ini. Didi menyebutkan RWD memiliki desain yang tidak sederhana, dek belakang tidak lurus kaki penumpang karena harus ada tempat untuk propeller shaft, alhasil ketika RWD rusak membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Di luar negeri, penggunaan sistem penggerak FWD mulai diterapkan pada berbagai jenis kendaraan. Sementara Toyota Avanza mulai menerapkan sejak dua tahun yang lalu. Lantas apa perbedaan RWD dan FWD? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Sistem Penggerak

Dilihat dari namanya, sistem penggerak yang digunakan antara FWD dan RWD sudah dipastikan berbeda. RWD memiliki kepanjangan Rear Wheel Drive di mana sistem penggeraknya berada di roda belakang. Umumnya, sistem penggerak ini dipadukan dengan mesin depan, tengah, maupun belakang. Setiap penggerak dan mesin ini menghasilkan karakter pengendalian yang berbeda.

Sementara FWD (Front Wheel Drive) yang menggunakan sistem penggerak di mana tenaga dari mesin akan disalurkan ke roda depan mobil. Sistem penggerak ini juga seringkali disebut dengan Front Engine (FE).

2. Handling

Mesin mobil dengan sistem penggerak RWD berada di depan sementara gearbox, drive shaft di tengah dan differensial ada di belakang. Sebab bobotnya ideal, handling kendaraan ini dinilai sangat baik ketika berada di jalan yang menanjak. Sayangnya, handling mobil dengan RWD justru oversteer.

Handling mobil dengan FWD juga tidak kalah bagus, pasalnya sistem penggerak ini berjalan dengan mulus ketika di jalan yang licin. Hal ini dikarenakan roda depan menarik roda belakang. Jika RWD cenderung overstreer, mobil dengan RWD justru kebalikannya, understeer alhasil pengemudi bisa hilang kendali saat di jalan menikung.

3. Ruang Kabin

Ruang kabin pada mobil dengan sistem penggerak FWD memiliki ruang kabin yang cukup luas. Hal ini dikarenakan tidak ada tambahan atau komponen lain yang membuat ruangan lebih begitu pula pada lantai dan kabin yang terlihat lebih merata.

Berbeda dengan mobil dengan sistem penggerak RWD yang mana mobil ini membutuhkan ruangan pada bagian bawah gardan ada terowongan gardan. Alhasil ruang kaki akan merasa kurang nyaman dan terkesan lebih sempit.

4. Suara yang Dihasilkan

Sebab memiliki komponen gardan di bawah sasis, mobil dengan sistem penggerak RWD menimbulkan suara yang lebih berisik dibandingkan mobil dengan FWD. Sebab, tenaga yang disalurkan dari roda depan pada sistem penggerak FWD tidak terlalu banyak. Sehingga, mobil dengan FWD cenderung memiliki suara yang lebih halus. 

5. Stabilitas Kendaraan

Setiap sistem penggerak selalu menawarkan stabilitas masing-masing. Namun, mobil dengan sistem penggerak RWD memiliki kondisi yang lebih stabil karena pengereman hingga akselerasinya yang sensitif dengan memiliki handling yang bagus ketika berada di jalanan yang belok.

Sistem penggerak memiliki tingkat kestabilan yang berbeda dalam hal melajukan kendaraan. Jika RWD unggul di jalanan yang menanjak maka FWD memiliki kelebihan di jalan yang licin. Oleh sebab itu, ketika berada di jalan yang licin maka FWD memiliki stabilitas yang imbang. Wajar saja jika banyak mobil kini beralih ke FWD karena penawaran tersebut.

6. Bahan Bakar

Bahan bakar sekarang umumnya tidak dipengaruhi oleh sistem penggerak sebab sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih terlebih kini banyak yang mengadopsi mesin hybrid atau full listrik. Namun, kendaraan dengan sistem penggerak FWD dinilai lebih efisien bahan bakar dibanding RWD.

Hal ini dikarenakan beban yang ditanggung oleh masing-masing sistem penggerak. Sebab RWD membutuhkan tambahan komponen seperti ruang gardan maka dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

Jadi, sistem penggerak RWD dan FWD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kendati demikian, minat terhadap sistem penggerak pada kendaraan ini kembali kepada kebutuhan konsumen. Mobil dengan sistem penggerak apa yang paling Anda suka?