Ini Kelebihan Mazda CX-5 Terbaru, Kulik Secara Detail!

Senin, 26 Februari 2024 | 08:02 WIB

News Image Mazda CX-5

New Mazda CX-5 telah resmi diluncurkan di Indonesia pada akhir November 2023. Spesifikasi New Mazda CX-5 menarik untuk dikulik secara detail.

Sport Utility Vehicle (SUV) ini meluncur bersamaan dengan New Mazda2 Hatchback. Untuk New Mazda2 Hatchback sendiri, tersedia dalam varian GT saja sedangkan New CX-5 ditawarkan dua varian yaitu Elite dan Kuro.

Mengenai harganya, New Mazda2 Hathcback saat ini dibanderol Rp367,7 juta On The Road (OTR) Jakarta. Sementara itu, New Mazda CX-5 kini dijual Rp600 jutaan untuk kedua varian.

Baik New Mazda2 Hatchback maupun New CX-5 mengalami pembaruan pada bagian eksterior dan interior yang membuat keduanya terlihat lebih modern.

Ditambah, kedua mobil tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur lebih canggih.

Harga Mazda CX-5 Terbaru 2023

Bagi yang tertarik membeli New Mazda CX-5, berikut ini daftar harga mobil tersebut OTR Jakarta per Desember 2023.

New Mazda CX-5 Elite Rp628,8 juta

New Mazda CX-5 Kuro Rp668,8 juta

Selain itu, tersedia cukup banyak pilihan warna eksterior untuk mobil ini.

Zircon Sand Metallic

Soul Red Crystal Metallic

Polymetal Grey Metallic

Machine Grey Metallic

Jet Black Mica

Rhodium White Metallic

Platinum Quartz Metallic

Deep Crystal Blue Mica

Spesifikasi New Mazda CX-5 2023

Sebagai informasi, Mazda CX-5 generasi pertama hadir di Indonesia di tahun 2012 lalu. Kemudian, kehadiran generasi kedua mobil ini lahir pada 2017 hingga sekarang.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap New Mazda CX-5 yang meluncur pada akhir 2023.

Mesin

Soal dapur pacu, New Mazda CX-5 masih dibenamkan mesin SKYACTIV-G berkapasitas 2.500 cc, 4 silinder, DOHC, Dual S-VT dengan cylinder deactivation yang dapat mengeluarkan tenaga 188 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 252 Nm di putaran 4.000 rpm.

Tenaga mesin ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan yang menggunakan torque converter demi memberikan performa lebih andal.

Selain itu, New CX-5 hanya membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan oktan minimal 90 meskipun mobil tersebut punya kompresi cukup tinggi di angka 13:1.

Salah satunya penyebabnya yaitu adanya improvement di beberapa bagian mesin seperti piston, injektor, serta head mesin.

Tak hanya itu, teknologi cylinder deactivation pada New CX-5 dapat membuat mesinnya menghentikan kinerja 2 silinder lewat Hydraulic Lash Adjuster (HLA) saat mobil tengah melaju santai.

Jadi, mesin mobil ini akan mematikan fungsi silinder 1 dan 4 agar tidak terjadi pembakaran saat teknologi tersebut aktif.Hal ini bisa membuat konsumsi BBM jadi lebih irit.

Eksterior

Tampilan luar New Mazda CX-5 bisa dibilang mengalami minor change. Dari segi dimensi, SUV ini memiliki panjang 4.575 mm, lebar 1.845 mm, tinggi 1.680 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

New Mazda CX-5 varian Elite hadir dengan Body Color Side Cladding serta New 19-inch Wheel Design yang membuat tampilan mobilnya jadi terlihat lebih tangguh dan modern.

Sementara itu, untuk varian Kuro, telah dilengkapi Gloss Black Mesh Front Grille, Gloss Black Side Cladding, serta Black 19-inch Wheels.

Selain itu, New CX-5 sudah menggunakan Adaptive Light Headlamp (ALH) yang berarti lampu ini punya kemampuan lebih baik dibandingkan LED biasa. Saat berkendara di malam hari, ALH dapat menerangi sisi yang dinilai paling gelap.

Sementara itu, lampu jauhnya akan aktif secara otomatis ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Di sisi paling luar lampu New CX-5, terdapat wide rangle low beam yang fungsinya mirip dengan cornering light untuk menerangi sisi kiri dan kanan.

Interior

Untuk bagin interior, terdapat jok yang sudah disempurnakan untuk menyangga punggung dan memberikan posisi duduk yang lebih baik bagi pengguna.

Interior New Mazda CX-5

Untuk varian Kuro, joknya kini dibalut warna hitam dengan jahitan merah, sedangkan jok Elite berwarna hitam saja. 

Pada bagian platform di bagian tengah bodi, telah diperbaiki rigiditas lateral-nya. Rigiditas mounting ke bodi mobil dan frame jok juga diperbaiki.

Pihak Mazda menyampaikan hal ini bertujuan untuk mengurangi getaran yang bisa masuk ke dalam kabin New CX-5.

Fitur

New Mazda CX-5 telah disematkan 10.25-inch Mazda Connect Display dan USB Type-C Connectivity.

Selain itu, turut disematkan fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC) pada mobil ini.

Sebagai informasi, MRCC merupakan fitur keselamatan yang dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan mobil di depannya.

Selain CX-5, fitur ini juga tersedia di model Mazda lain seperti Mazda3, CX-30, dan CX-60.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui setir kemudi mobil.

Canggihnya, MRCC ini bisa mengikuti mobil di depan bahkan saat mobil tersebut berbelok ke kanan atau kiri. Adaptive Cruise Control-nya dapat membuat New CX-5 berhenti hingga 0 km/jam.

Jika melihat eksterior bagian depan, terlihat emblem yang kelihatan lebih shiny dan rata.

Nyatanyan, emblem tersebut berfungsi sebagai radar dari adaptive cruise control untuk MRCC.