komparase.com

Penyaluran Bantuan Infrastruktur Dasar Meningkatkan Pembangunan Rumah Subsidi di NTB

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:00 WIB
PUPR
PUPR

Penyaluran bantuan infrastruktur dasar, seperti jalan lingkungan, oleh Kementerian PUPR telah memberikan dorongan bagi pembangunan rumah subsidi di beberapa daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan tersebut tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan, tetapi juga meningkatkan tingkat kenyamanan bagi masyarakat yang tinggal di rumah-rumah subsidi.

"Dengan penyaluran bantuan infrastruktur dasar ini, kami berupaya agar para penghuni rumah subsidi merasakan kenyamanan dan sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan," kata Iwan Suprijanto, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, ketika mengunjungi proyek pembangunan infrastruktur dasar di Perumahan Gardenia Raya di Kabupaten Lombok Barat, NTB, pada Kamis (9/5/2024), dikutip dari laman perumahan.pu.go.id.

Lokasi dan Detail Bantuan Infrastruktur Dasar di NTB

Iwan menjelaskan bahwa Kementerian PUPR, melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan, telah melibatkan pengembang perumahan dan pemerintah daerah dalam penyaluran bantuan infrastruktur dasar ini. Pasalnya, setelah pembangunan infrastruktur dasar selesai, aset tersebut akan diserahkan kepada pemerintah daerah setempat.

"Kami yakin bahwa penyaluran bantuan ini akan mendorong semangat para pengembang perumahan di NTB untuk membangun lebih banyak rumah subsidi bagi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, I Wayan Suardana, Kepala Balai P2P Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Perumahan, menjelaskan bahwa pada tahun 2023 lalu, sebanyak 1.493 unit rumah subsidi mendapatkan bantuan infrastruktur dasar dari Kementerian PUPR di NTB. Bantuan tersebut tersebar di lima kabupaten/kota dan 13 lokasi perumahan dengan total anggaran Rp7,75 Miliar.

Beberapa perumahan yang mendapatkan bantuan infrastruktur dasar di NTB antara lain di Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Lombok Tengah.

"Kami memberikan bantuan berupa jalan lingkungan dengan paving block K-250 di beberapa perumahan subsidi di NTB. Kami berharap dengan infrastruktur yang baik ini, minat masyarakat untuk tinggal di rumah subsidi semakin meningkat," jelasnya.

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini