Meluncur di Pasar Jepang, Toyota Century SUV Tuai Sorotan Publik

Jumat, 8 September 2023 | 11:09 WIB

News Image Toyota Century SUV

Toyota hadirkan mobil high-class SUV untuk pasar Jepang. Mobil SUV tersebut adalah Toyota Century yang meluncur pada Rabu, 6 September 2023. Baru saja diluncurkan, Toyota membawa kejutan dengan mengumumkan versi convertible alias atap terbuka.

Kesan mewah dan gagah pada Toyota Century digadang-gadang sangat cocok buat para pengguna konglomerat. Benar saja, karena Century SUV ini dibanderol 25.000.000 Yen atau setara dengan Rp 2,6 miliar. Apabila masuk ke pasar Indonesia, Century SUV bisa dibanderol hingga Rp 10 miliar.

Terlebih lagi, Toyota hanya memproduksi Century SUV dalam jumlah 30 unit per bulan atau 360 unit setiap tahunnya. Seperti yang diketahui, tipe Toyota Century dalam model sedan sejak generasi pertama hingga pada 2018 lalu. Meski tampilannya kini ke SUV, Toyota Century justru semakin banyak diminati.

Jika dilihat dari bagian eksterior, Century SUV telah menyematkan logo phoenix yang menggantikan semua lencana Toyota. Kemudian, mobil SUV ini menonjolkan aksen krom yang membuatnya terkesan mewah. Menariknya, Toyota Century SUV ini menggunakan lampu LED terbelah.

Spesifikasi Toyota Century SUV

Bukan hanya bagian eksteriornya saja yang memberikan kesan yang mewah, Toyota Century SUV bagian interiornya pun tidak mau kalah eksklusif. Ada empat tempat duduk yang dipisahkan dengan kompartemen bagasi. Pada sisi ini, dilapisi dengan kaca laminasi yang bening sehingga bisa mengurangi kebisingan dari luar.

Kemudian pada bangku belakang, penumpang akan dimanjakan dengan bangku yang bisa direbahkan dan disediakan pijakan kaki. Selain itu, bangku tersebut juga sudah tersedia pemanas serta ventilasi. Fitur canggih juga bakal dirasakan penumpang pada bagian belakang karena disertai dengan layar 11,6 inci sera kompartemen pendingin.

Untuk bagian mesin, Toyota sudah membekali mobilnya dengan tenaga bebas emisi. Mesin yang digunakan adalah Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang dipadukan dengan 2 GR-FXS 3.5 liter V6. Mesin tersebut akan menghasilkan tenaga 280 kw dan torsi maksimum 510 Nm.

Jika baterai terisi penuh, mesin di atas bisa melajukan mobil hingga 69 km. Demi kenyamanan dalam berkendara, Toyota juga sudah melengkapi fitur canggih untuk bagian steeringnya. Kali ini, Toyota menyematkan fitur Dynamic Rear Steering yang bisa bermanuver meski dalam kecepatan rendah. 

Sejak diluncurkan di Jepang beberapa hari lalu, animo terhadap Century SUV sangat tinggi begitu pula di Indonesia. Berdasarkan laman resminya, Toyota Indonesia akan bertanggung jawab dalam peluncuran Century SUV. Rumor yang beredar, mobil SUV pabrikan Jepang ini akan rilis di Tanah Air pada akhir 2023.