BYD Menjadi Salah Satu Merek Mobil Terlaris Didunia Pada Bulan Agustus, Mengalahkan Ford

Jumat, 29 September 2023 | 15:04 WIB

News Image mobil listrik BYD

BYD merupakan salah satu pabrikan moil asal China yang menunjukan penjualan cukup memuaskan pada bulan Agustus. Bahkan BYD mampu melampui Ford. Perusahaan mengklaim penjualan mobil naik sebesar 5 persen dari bulan ke bulan. Pangsa pasar BYD hanya tertinggal 0.1 persen dari Honda yang ada pada peringkat ke tiga.

Situs laman Trendforce melaporkan pbahwa penjualan mobil global pada bulan Agustus mencapai 5.5 juta unik. Sepuluh merek yang mampu melakukan penjualan teratas meliputi Toyota, Volkswagen, Honda, BYD, Hyundai, Ford, Chevrolet, Suzuki, KIA dan Nissan. Kondisi pasar global pada bulan Agustus nampak beragam, penjualan Ford mengalami penurunan sementara penjualan BYD mengalami peningkatan.

rank

brand

share

1

Toyota

9.8 %

2

volkswagen

6.5 %

3

Honda

4.9 %

4

BYD

4.8 %

5

Hyundai

4.3 %

6

Ford

4.2 %

7

Chevrolet

4.0 %

8

Suzuki

3.9 %

9

Kia

3.5 %

10

Nissan

3.3 %

10 papan peringkat produsen mobil teratas di 37 pasar utama di seluruh dunia pada bulan Agustus. Sumber data: TrendSource

Pasar dalam negeri China sendiri, BYD muncul sebagai pabrikan dengan kinerja terbaik pada bulan Agustus. BYD mmeperoleh pangsa pasar sebesar 11.98 persen dengan mampu menjual 230.077 unit kendaraan. Volkswagen berada pada posisi kedua untuk penjualan dalam negeri China dengan total 195.548 unit, disusul Toyota pada posisi ketiga sebesar 155.491 unit.

China sendiri saat ini merupakan salah satu negara kunci dalam lanskap otomotif global. China terus mendorong pertumbuhan dan kinerja pasar mobilnya. Tidak terkecuali pada perkembangan kinerja kendaraan listrik.

 

Hingga saat ini saham BYD semakin naik. Dalam kurun waktu 12 bulan terahir, BYD mmapu melakukan ekspor sebesar 150.000 unit kendaraan ke luar china. Para analis BYD menyebutkan jika volumen ekspor BYD akan terus naik hingga mencapai 250.000 sampai 300.000 unit mobil pada tahun ini.

Di Indonesia sendiri nama BYD kini bukanlah asing. Semenjak masuknya kendaran listrik dari berbagai merek, pabrikan BYD juga turut meramaikan pasar industri kendaraan listrik di Indonesia. Segmentasi mobil listrik kelas premium membuat merk BYD menjadi alternatif untuk merek-merek kendaraan Eropa atau Jepang.