komparase.com

Toyota Merek Mobil Terlaris Dunia di 2023, Namun Penjualan Kendaraan Listriknya Hanya 1 Persen

Rabu, 31 Januari 2024 | 06:00 WIB
Mobil Listrik Toyota
Mobil Listrik Toyota

Popularitas kendaraan listrik meningkat hampir setiap hari. Meskipun masa depan produsen kendaraan listrik modern menjanjikan, industri otomotif masih dipimpin oleh pemain-pemain mapan. Buktinya, Toyota berhasil mempertahankan posisinya sebagai produsen mobil terlaris di dunia selama empat tahun berturut-turut.

Laporan Toyota pada 2023 mengungkapkan dominasi perusahaan itu yang berkelanjutan di pasar otomotif global, seperti dilansir Gizmochina. Meski sudah menjadi juara pada tahun 2022, raksasa otomotif Jepang ini meningkatkan penjualannya sebesar 7,2% pada 2023 atau mencapai total 11,23 juta penjualan kendaraan di seluruh dunia. Khususnya, model terlaris Toyota mencakup model Corolla, RAV4, Camry, dan Yaris.

Hal yang menarik adalah Toyota tertinggal secara signifikan pada penjualan mobil listrik, tidak seperti pesaing lain yang menekankan produksi dan penjualan kendaraan listrik.

Dari 11,23 juta mobil yang terjual, hanya 3,42 juta yang berjenis hybrid, dan mayoritas bermesin tradisional. Penjualan kendaraan listrik hanya menyumbang 1% dari total penjualan yang berjumlah 104.000 unit.

Namun, Toyota diperkirakan akan meningkatkan fokusnya pada kendaraan listrik di tahun-tahun mendatang dan berhasil di bidang ini.

Meski kekurangan kendaraan listrik, kesuksesan perusahaan ini luar biasa. Dalam perspektif yang lebih luas, dari sekitar 90 juta mobil yang terjual secara global pada tahun 2023, 11,23 juta adalah milik Toyota. Artinya 1 dari setiap 8 mobil yang terjual adalah Toyota.

Beralih ke peringkat, perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen, menempati posisi kedua. Meskipun terjadi peningkatan penjualan sebesar 12%, perusahaan berhasil menjual 9,2 juta mobil. Perusahaan ini mungkin bisa mengamankan posisi pertama jika tidak kehilangan pangsa pasarnya karena BYD di Tiongkok.

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini