Mitsubishi Optimis Unit XForce Bisa Dongkrak Penjualan

Selasa, 12 Desember 2023 | 10:25 WIB

News Image Mitsubishi XForce

Mitsubishi Motor Indonesia menargetkan bisa menjual hingga 4.000 unit XForce hingga akhir tahun 2023.

XForce menjadi model terbaru yang dirilis Mitsubishi di Indonesia pada tahun ini. SUV berukuran kompak tersebut akan bertarung di pasar yang cukup riuh, di mana di dalamnya sudah ada, di antaranya, Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki XForce dibanding pesaing-pesaingnya, Mitsubishi cukup percaya diri dengan performa penjualan mobil tersebut. Sampai akhir tahun, ditargetkan ada 4,000 XForce bisa dijual dan dikirim ke pelanggan.

"Mengenai demand Mitsubishi XForce kita menargetkan paling tidak sampai akhir tahun kita bisa menjual sekitar 4.000 unit, jadi kalau waktu launching kita menargetkan sekitar 10.000-an SPK, namun sampai Oktober itu baru sekitar 4.000 unit booking," ucap Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro.

"Jadi begitu, kita mulai suplai (mengirim ke tangan konsumen) pada November 2023 dan produksi dikirim ke konsumen pada November 2023. Kita tidak bisa langsung mengirimkan dari pemesanan, tidak bisa 4.000 langsung terpenuhi karena produksi dilakukan secara bertahap. Jadi November 2023 sekitar 1.000 unit telah diproduksi dan dikirim ke konsumen," Irwan menambahkan.

Namun, tahun fiskal Mitsubishi di Indonesia itu bukan periode Januari-Desember ya, melainkan April-Maret.

"Harapan kita target kita bisa terpenuhi pengiriman, produksi hingga 4.000 unit di akhir tahun. Saat ini sudah dikirim ke konsumen sekitar 1.000 unit, karena roll out production pada November 2023. Ini di bulan Desember mungkin menyesuaikan dengan produksi. Kita lihat nanti apakah bisa 2.000 atau bagaimana," ujar Irwan.

"Ini sudah Desember 2023 bisa dibilang sudah tinggal tunggu closing. Dari masing-masing merek sudah campaign dan promosi, itu yang kita lakukan. Terhadap pemerintah nanti kita bicara ke depannya saja di tahun depan. Tahun ini sepertinya effort dari masing-masing untuk mengoptimalkan penjualan akhir tahun. Kita lihat apakah campaign dan promosi akhir tahun bisa mengoptimalkan penjualan," tutup Irwan.

Sebagai catatan, Indonesia menjadi negara pertama tempat peluncuran XFORCE secara global. Model ini akan diproduksi di Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Bekasi, Jawa Barat), dan dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

Untuk diketahui, Mitsubishi XForce saat ini dibanderol Rp382.5 juta tipe Eceed CVT dan Ultimate CVT Rp419.1 juta (on the road Jakarta). XForce dijadwalkan akan diekspor ke beberapa negara. Mulai dari negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah juga Afrika.

Mobil ini dilengkapi mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.5 liter. Memiliki keluaran tenaga sebesar 105 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di putaran mesin 4.000 rpm.

Mesin bersanding dengan transmisi CVT dan memiliki 4 mode berkendara sesuai karakter jalan mulai dari normal, wet, gravel serta mud.