Chery Pastikan Indonesia Jadi Pusat Kendaraan Listrik Setir Kanan

Senin, 4 Desember 2023 | 06:17 WIB

News Image Chery Omoda 5 EV

PT Chery Sales Indonesia (CSI) akan memproduksi kendaraan listrik di Indonesia di antaranya Omoda 5 EV yang dirakit pada Desember ini. CSI kembali membawa kabar gembira sebab Indonesia dijanjikan sebagai negara berbasis kendaraan setir kanan.

“Kami juga memiliki tujuan untuk membangun pabrik dan pusat riset sendiri di Indonesia dan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk setir kanan,” ujar Head of Brand PT CSI, Rifki Setiawan dilansir dari ANTARA pada Senin, 4 Desember 2023.

Menindaklanjuti rencana untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Chery telah membuat peta baru agar mobil listrik di Tanah Air semakin berkembang dan diminati pasar bukan hanya domestik melainkan di berbagai negara di dunia.

Chery menjadi salah satu produsen otomotif yang menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Menariknya, kendaraan listrik Omoda 5 EV disambut dengan antusias oleh masyarakat. 

“Salah-satu alasannya membawa EV (Electric Vehicle) ke Indonesia itu adalah, kita (Chery) sebagai jenama besar di China, yang dimana kita merupakan salah satu jenama yang sudah selama 20 tahun berturut-turut itu merajai volume ekspor di China,” lanjutnya.

Hal ini dibuktikannya dengan memproduksi kendaraan listrik mereka di PT Handal, Omoda 5E. Meski belum menginformasikan secara resmi dari mobil bertenaga listrik tersebut, Chery mengaku bahwa mobilnya sudah dipesan sebanyak 400 unit sejak diperkenalkan pertama kali di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu. 

“Kita sudah mulai produksi di bulan ini, dan kia berharap bisa memenuhi pemesanan sebanyak 400 itu sampai dengan Januari. Sehingga, di Q1 2024, tepatnya Februari sudah bisa antar 400 unit itu,” jelas Rifki.

Keseriusan CSI memproduksi kendaraan listrik rupanya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, Chery telah menginvestasikan dana sebesar Rp 250 juta untuk membuat Omoda 5E.

“Investasi Chery di Indonesia untuk produksi EV ini mencapai Rp 250 miliar, sebagai tahapan awal untuk mendukung proses CKD (Completely Knocked Down) kita,” tutur Rifki.

Dengan antusias yang sangat positif dari masyarakat Tanah Air, Chery berharap akan menghadirkan produk kendaraan listrik di masa depan.