Chery Rakit Omoda 5 EV di Indonesia Bulan Ini

Jumat, 1 Desember 2023 | 05:38 WIB

News Image Chery Omoda 5 EV

PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah pastikan akan meluncurkan Omoda 5 EV di Indonesia. Kabar tersebut tampaknya segera terealisasi lantaran CSI akan merakit mobil listriknya tersebut pada bulan ini.

Informasi tersebut disampaikan oleh Executive Vice President PT CSI Qu Jizong dalam keterangan resminya. Qu Jizong juga menyampaikan rencananya tersebut kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto pada Senin, 27 November 2023.

“Kesiapan produksi perdana Chery omoda 5 EV kami sampaikan secara langsung kepada pemerintah sebagai bentuk update dari komitmen kita buat mendukung perkembangan industri mobil listrik di Indonesia,” ujar Qu Jizong dilansir dari TrenOto pada Jumat, 1 Desember 2023.

Untuk Omoda 5 EV, Chery mengaku sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah. Seperti yang diketahui, untuk nilai TKDN mobil listrik sebesar 40 persen. Oleh sebab itu, Chery bermitra dengan perusahaan lokal untuk memproduksi komponen kendaraan listrik di Tanah Air.

“Kami percaya bahwa dengan berinvestasi pada teknologi kendaraan listrik dengan lokalisasi komponen, Chery dapat berkontribusi dalam membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia,” lanjut Qu Jizong.

Vice President PT CSI, Hari Komora menuturkan Chery Omoda 5 EV akan diluncurkan pada pagelaran IIMF yang dilaksanakan pada Februari mendatang. 

“Kita akan launch (Chery Omoda 5 EV) di IIMS,” ujar Hari Komora.

Guna mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah AIr, Chery rupanya juga mempersiapkan infrastruktur khususnya stasiun pengisian daya (SPKLU). Hari menambahkan untuk SPKLU yang disediakan Chery adalah fast charging DC.

Chery akan menghadirkan SPKLU fast charging tersebut dari China langsung. Diler yang akan mendapatkan SPKLU ini harus memenuhi syarat 3 S yakni Sales, Service, dan Spare Parts.

Chery sebelumnya telah menandatangani Letter of Intent (LoI) bersama Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) sebagai bentuk kemitraan berupa investasi untuk memproduksi kendaraan listrik.

Kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia bukan hanya dipasarkan secara domestik melainkan juga diekspor ke beberapa negara yang menggunakan kendaraan setir kanan seperti Singapura, India, hingga Afrika Selatan.

Chery mengklaim mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia terkait kehadiran mobil listrik. Pasalnya, untuk pemesanan Omoda 5 EV mencapai 400 unit pada September 2023.