komparase.com

Cuci Kolong Mobil Listrik Pakai Air Bertekanan, Perhatikan Area Ini!

Kamis, 14 Desember 2023 | 12:00 WIB
Cuci Mobil
Cuci Mobil

Di pengujung tahun yang sudah mulai masuk musim hujan seperti saat ini, sangat sulit memastikan kendaraan kita dalam kondisi bersih dan enak dilihat.

Pasalnya, cuaca yang tidak bisa diprediksi, tiba-tiba hujan kerap membuat kita kesal dan malas mencuci kendaraan, termasuk juga mobil.

Mencuci mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat tampilan eksterior mobil terlihat bersih. 

Selain memanfaatkan jasa cuci mobil berbayar, banyak pemilik kendaraan yang juga melakukan cuci mobil secara mandiri.

Mobil yang rutin dicuci serta dibersihkan juga mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan pengemudi dan penumpangnya. Hal ini bisa terjadi karena di dalam mobil terdapat beberapa kotoran yang sudah pasti selalu ada contohnya seperti debu. 

Jika kita terlalu lama tidak mencuci mobil, tentu debu yang ada di dalam mobil akan semakin menumpuk, yang pada akhirnya menurunkan kualitas udara di kabin mobil.

Selain interior, eksterior juga menjadi hal yang riskan saat pencucian, terlebih untuk mobil listrik. Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari lintasan seperti ban dan velg biasanya menjadi bagian terkotor dari mobil yang terpakai. 

Untuk mobil listrik, area tersebut juga berdekatan dengan tempat dimana baterai dipasang. Untuk area tersebut, disarankan untuk mencucinya secara hati-hati. Apalagi saat dicuci menggunakan metode angkat untuk melakukan pembersihan area kolong.

Saat mencuci kolong pada mobil listrik, ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan. Hal ini lantaran di area kolong terdapat baterai yang merupakan sumber energi utama mobil listrik.

Untuk pencucian dengan mesin bertekanan tinggi tidak disarankan. Karena khawatir akan merusak modul-modul atau area elektrikal kendaraan. Cukup gunakan air dengan tekanan wajar saja.

Kemudian, ada beberapa poin yang tidak boleh kena air bertekanan. Seperti motor penggerak atau beberapa area baterai, serta kabel-kabel besar yang biasanya berwarna oranye, sebaiknya dihindari untuk dicuci dengan air bertekanan tinggi.

Lihat Juga Gadget Mobil

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini