Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan, Neta V Jadi yang Pertama

Selasa, 28 November 2023 | 03:12 WIB

News Image Neta V

Setelah menunjukkan keseriusannya dengan bergabung PERIKLINDO, Neta akhirnya umumkan akan rakit kendaraan listriknya di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2024. Hal ini seiring dengan seremoni bergabungnya Neta di segmen pasar Tanah Air pada ajang PEVS mendatang.

Neta sebelumnya telah menandatangani kesepakatan dengan PT Handal Indonesia Motor guna memproduksi mobil listrik sendiri di Indonesia. Menurut Co-founder dan CEO of Neta Auto, Zhang Yong mengatakan Indonesia bukan sekadar pasar yang penting bagi produsen asal China tersebut. Melainkan, Tanah Air memiliki potensi yang besar dalam perkembangan kendaraan listrik di ranah global.

"Penandatangan kesepakatan dengan PT HIM menjadi keseriusan kami selanjutnya untuk mengembangkan mobil listrik high-technology yang dirakit secara lokal untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air," ujar Zhang Yong dilansir dari ANTARA pada Selasa, 28 November 2023.

Dengan adanya kesepakatan ini menandakan langkah awal bagi Neta untuk memasuki segmen pasar mobil listrik di Tanah Air secara agresif. Perusahaan berharap visi dan misi Neta selaras dengan visi pemerintah untuk mendorong pengembangan mobil listrik guna mencapai net zero emission pada 2060.

Sementara untuk perakitan mobil listrik Neta adalah dengan sistem completely knocked down (CKD). Jadi, mobil akan diimpor langsung dari pabrik Neta yang ada di China namun komponen-komponennya belum dirakit. 

Sudah ramai terdengar sejak awal tahun ini, Neta akan menghadirkan mobil listrik Neta V ke Tanah Air. Menandakan bahwa Neta V menjadi mobil pertama yang bakal dirakit di Indonesia. Bahkan minat mobil listrik ini sangat positif, sebab sudah ada 250 unit pemesanan selama ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada Agustus lalu.

Guna memberikan kemudahan bagi pengguna mobil listrik Neta, perusahaan juga berencana untuk mengembangkan jaringan dealer di berbagai wilayah Indonesia. Pada akhir 2023, Neta berencana untuk menyelesaikan 10 dealer dan dealer pertama telah dirilis pada November lalu di Kelapa Gading, Jakarta.

Setelah debut pertamanya di GIIAS 2023, Neta akhirnya menyerahkan 100 unit pertama Neta V ke konsumen yang melakukan pre-book sepanjang pameran tersebut.