Mulai Produksi Tahun Depan, Hyundai Siap Ekspor Baterai Buatan Lokal ke 14 Negara

Jumat, 24 November 2023 | 07:20 WIB

News Image Mobil Listrik Hyundai

Hyundai tengah membangun pabrik baterai mobil listrik di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini berbeda dengan yang dibangun di Karawang, Jawa Barat. Pabrik yang terdapat di Cikarang khusus digunakan untuk merakit sel-sel baterai menjadi satu kesatuan yang utuh dan siap dipasang ke mobil listrik.

Pabrik baterai Hyundai yang berdiri di kawasan Greenland International Industrial Central (GIIC) tersebut merupakan hasil kerja sama antara Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan Hyundai Mobis of Hyundai Motor Grup. Dari kolaborasi tersebut, pabrik yang terletak di Cikarang ini dinamakan dengan Hyundai Energy Indonesia.

Pabrik ini bisa merakit 21 ribu unit battery system assembly (BSA) hingga tahun ke depan yang bakal ditingkatkan hingga 70 ribu unit. Sementara Hyundai Energy Indonesia mampu memproduksi hingga 1,4 GWh dengan dua module production dan satu BSA production line sampai 2024.

Hyundai Energy Indonesia bukan hanya memproduksi baterai khusus digunakan pada kendaraan di Tanah Air saja melainkan di beberapa negara. Hyundai berencana akan mengekspor baterai tersebut di 14 negara.

“Ada negara-negara Asia yang sudah pasti ditambah negara China dan sekitarnya seperti Hong Kong. Totalnya ada 14 (negara) yang kira-kira menjadi tujuan eksport. Untuk informasi selebihnya nanti kita konfirmasi lagi,” ujar Chief Operating Office (COO) PT Hyundai Motors Indonesia Fransiscus Soerjopranoto dilansir oleh Komparase pada Jumat, 24 November 2023.

Dengan adanya baterai yang diproduksi lokal, Hyundai kemungkinan akan memangkas harga dari IONIQ 5. Hal ini dikarenakan bahan baku yang sudah ada di pasaran Indonesia serta mudah didapatkan. Bukan hanya IONIQ 5 saja, Hyundai juga memungkinkan menurunkan harga terhadap kendaraan yang dirakit di Indonesia.

“Dari setiap investasi pasti ada perhitungan depresiasi, after depresiasi itu hilang maka harganya akan berkurang. Untuk sekarang, presentasenya masih kami hitung dan belum bisa disampaikan,” imbuhnya.

Pada pertengahan tahun ini, Hyundai telah mengadakan peletakan batu pertama untuk pabrik yang dibangun di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini berdiri di kawasan yang luasnya 32.188 meter persegi. Hyundai telah menginvestasikan senilai US$ 60 juta (Rp 933 miliar) serta mempekerjakan sekurangnya 150 ribu orang.