Wuling Hapus Fitur Perintah Suara di Binguo EV, Ini Alasannya

Jumat, 24 November 2023 | 02:08 WIB

News Image Wuling Binguo EV

Wuling Binguo EV hadir dengan berbagai kejutan bagi pecinta otomotif Tanah Air. Dengan desain hatchback, Binguo EV dibekali dengan mesin yang cukup besar dikelasnya. Di sisi lain, Wuling juga menyematkan fitur-fitur canggih bahkan disebut lebih bagus dari Air EV.

Namun, ada satu fitur yang dihapus oleh Wuling pada Binguo EV yang sebelumnya sudah diberikan pada saudara-saudaranya. Fitur tersebut adalah Wuling Indonesia Command (WIND). Lantas kenapa Wuling Motors menghapus fitur tersebut di Binguo EV? 

Alasan Wuling Hapus Fitur WIND di Binguo EV

WIND merupakan perintah suara dengan menangkap berbagai perintah pengguna menggunakan bahasa Indonesia seperti saat buka-tutup jendela. Meski telah dihapus, Wuling berjanji akan menyematkan fitur pengganti yang lebih canggih.

Hal ini diungkapkan oleh Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko bahwa fitur-fitur tersebut hadir dengan mengutamakan fungsi sehingga memberikan rasa nyaman bagi pengendara.

“Memang kita saat ini ingin memberi pemahaman bahwa aspek fungsional pada mobil listrik yang ingin kami kedepankan, artinya fitur itu bisa tergantikan dengan fitur yang lebih fungsional,” ujar Danang Wiratmoko dilansir dari ANTARA pada Jumat, 24 November 2023.

Danang menambahkan jika fitur-fitur yang bakal digunakan pada Binguo EV berupa cruise control, ruang bagasi dan kabin yang lebih lega, hingga pengaturan posisi kursi pengemudi secara elektrik.

Fitur cruise control umumnya disematkan pada kendaraan keluaran terbaru yang berfungsi untuk mengontrol mobil secara otomatis. Hal tersebut memungkinkan pengendara melajukan Binguo EV secara konsisten pada kecepatan tertentu tanpa harus menekan pedal gas.

“Faktor biaya juga dipertimbangkan (tidak pakai WIND). Namun, sebenarnya lebih ke nilai yang bisa kita tawarkan ke konsumen, fungsional yang kami kedepankan,” kata dia.

Wuling telah membuka pemesanan melalui pra-jual beberapa hari yang lalu. Harga yang ditawarkan pun menarik di mana calon konsumen bisa melakukan pembayaran awal sebesar Rp 5 juta. Di sisi lain, bagi 1.000 pelanggan pertama yang melakukan pemesanan selama periode pra-jual juga mendapatkan keuntungan seperti garansi seumur hidup.

Wuling Binguo EV merupakan hatchback dengan dua pilihan mesin yang bisa menempuh jarak hingga 410 km dan 333 km. Binguo EV dikabarkan akan diproduksi di Indonesia dan segera meluncur pada akhir 2023. Kendati demikian, Wuling belum menginformasikan harga resmi untuk kendaraan asal China tersebut.