komparase.com

Tekan Emisi Karbon, Daihatsu Terapkan Panel Surya di Pabrik Karawang

Senin, 20 November 2023 | 12:00 WIB
Pabrik Panel Surya Daihatsu
Pabrik Panel Surya Daihatsu

Guna menekan emisi gas buang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuat terobosan baru terkait tenaga yang bakal digunakan untuk produksi kendaraan. Pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat ini mengimplementasikan energi melalui pembangkit listrik panel surya atau tenaga surya.

Daihatsu meresmikan pembangkit listrik tenaga surya ini pada Kamis, 16 November 2023. Panel surya tersebut diklaim memiliki total kapasitas hingga 3,2 megawatt peak (MWp).

"Kami bersyukur dapat menerapkan panel surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan," ujar Wakil Presiden Direktur PT ADM Erlan Krisnaring dilansir dari situs resmi Daihatsu pada Senin, 20 November 2023.

Proyek tenaga surya ini merupakan kerja sama antara PT ADM dan PT Energi Prima Nusantara (EPN). Pemasangan panel surya ini rupanya tindak lanjut dari pemasangan tenaga surya yang sebelumnya sudah dimulai di pusat suku cadang di Cibitung pada 2019 silam serta sebagian area Karawang Assembly Plant dengan total 1,2 MWp pada 2021.

Dengan demikian, tenaga surya yang dimiliki oleh PT ADM kini memiliki kapasitas sebesar 4,4 MWp. Alhasil dengan kapasitas tersebut, Daihatsu bisa menekan emisi karbon hingga 3.300 ton karbondioksida (CO2) per tahun.

Hadirkan tenaga surya yang dimiliki Daihatsu, perusahaan berharap dengan adanya energi yang ramah lingkungan memberikan dampak positif terhadap industri otomotif di Indonesia.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan yang selaras dengan visi Daihatsu. Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” lanjut Erlan.

Daihatsu saat ini telah mampu memproduksi 530 ribu unit per tahun. Hal ini menjadikan PT ADM sebagai perusahaan otomotif pertama yang memproduksi kendaraan terbesar di Tanah Air. Bukan hanya untuk segmen pasar domestik, Daihatsu juga memasarkan secara global kendaraannya. Terdapat 80 negara yang menjadi sasaran utama untuk kendaraan Daihatsu racikan Indonesia.

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini