MG Pastikan Akan Mengekspor Mobil Listrik Buatan Indonesia pada 2024

Jumat, 17 November 2023 | 07:05 WIB

News Image MG ZS EV

MG Motor Indonesia telah memastikan akan produksi kendaraan listrik di Indonesia. Pabrik tersebut rencananya mulai beroperasi tahun depan. Kendaraan pertama yang bakal diproduksi di Indonesia adalah ZS EV.

MG Motor Indonesia berbagi dengan Wuling Indonesia untuk memproduksi kendaraan listrik. Sementara Wuling sudah memulai produksi Binguo EV di pabrik yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik tersebut ditaksir bisa membuat kendaraan sebanyak 100.000 unit per tahun. 

“Paling pasti fokus utama kita adalah di Indonesia, tapi MG juga punya market lain dan itu menjadi target (ekspor) termasuk Australia. Mungkin 30 persen kita juga akan simpan kapasitasnya. Jadi bukan hanya untuk memenuhi produksi dalam negeri, tapi juga akan dilakukan ekspor,” ucap Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia dilansir Komparase pada Jumat, 17 November 2023.

Bukan hanya ditujukan untuk pasar domestik, kendaraan listrik MG buatan Tanah Air ini juga bakal diekspor ke sejumlah negara, salah satunya Australia. MG berencana akan mendistribusikan kendaraan listriknya pada kuartal keempat 2024.

“Untuk ekspor dimulai Q4 2024. Kami tidak berbicara mengenai volume, tapi target dari kami adalah mengenai percobaan kualitas, perkembangan, desain, teknologi, sehingga nanti pastinya volume akan mengikuti,” lanjut Arief.

MG akan memproduksi kendaraan listrik pertamanya untuk tipe ZS EV pada Februari 2024 dan dilanjutkan dengan MG 4 EV. MG memastikan ada 60 persen kendaraan listrik dari 100.000 unit yang diproduksi di pabrik yang terletak di Cikarang tersebut.

Setelah membangun pabrik di Indonesia, MG menargetkan untuk penjualan mencapai 7,6 juta unit pada 2035. Hingga sekarang, pabrikan asal Inggris tersebut belum memberikan bocoran jadwal MG ZS EV buatan Indonesia bakal diluncurkan.