Penjualan Honda Naik 7 Persen, Honda Brio Masih Unggul

Kamis, 16 November 2023 | 06:42 WIB

News Image Honda Brio

PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini melaporkan hasil penjualan kendaraannya untuk periode Januari hingga Oktober 2023. Pabrikan asal Jepang ini mengalami kenaikan sebanyak 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun lalu.

"Kami berterima kasih kepada konsumen yang telah menyambut baik produk-produk Honda, sehingga dalam kondisi pasar yang belum stabil di tahun ini, Honda masih mencapai pertumbuhan penjualan yang positif," ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM Yusak Billy dilansir dari ANTARA pada Kamis, 16 November 2023.

Yusak menyebutkan penjualan kendaraannya meningkat dipicu dengan kehadiran model baru, WR-V serta model unggulan dari Brio dan HR-V. Honda mengklaim kemunculan model-model baru tersebut disambut positif oleh masyarakat Tanah Air. Di antaranya konsumen menyumbang setidaknya 14 persen dari penjualan Honda tahun ini.

Seperti yang diketahui, WR-V pertama kali dikenalkan ke publik pada November 2022. Tidak berselang lama, kendaraan tipe WR-V ini mulai didistribusikan pada akhir tahun yang sama.

Masih baru di kalangan masyarakat, penjualan WR-V belum bisa mengalahkan Honda Brio. City car ini masih menjadi primadona di kalangan konsumen yang berhasil menyumbangkan 44 persen dari total penjualan Honda pada periode ini. Disusul oleh HR-V model terbaru yang berkonstribusi sebesar 20 persen.

"Hingga akhir tahun ini, kami akan terus berusaha menyegarkan pasar dengan berbagai aktivitas dan program penjualan yang memudahkan konsumen melakukan pembelian mobil Honda," jelas Billy.

Pada bulan Oktober 2023, diakui Honda mengalami penurunan dari penjualan bulan sebelumnya. Sebab, Honda hanya menjual 9.611 unit sementara bulan September sebesar 10.170 unit. Kendati demikian, Brio masih memegang mobil terlaris kedua pada 2023 setelah Toyota Kijang Innova Zenix. Tipe Honda Brio yang mendominasi penjualan paling laris pada bulan Oktober adalah Brio RS dan Brio Satya. 

Oleh sebab itu, Brio masih menempati kedudukan paling tinggi untuk penjualan Honda. Pasalnya, Brio berhasil terjual hingga 4.494 unit. Kemudian All New Honda CR-V mengalami pencapaian baru dengan mengalami peningkatan sebanyak 71 persen dibandingkan bulan lalu di mana berhasil terjual sebanyak 534 unit. Sementara kendaraan lain yang berhasil menyumbangkan penjualan Honda adalah HR-V sebanyak 1.474 unit, BR-V 1.361 unit, dan WR-V dengan total 1.241 unit. 

Untuk penjualan terendah justru dialami oleh Honda Civic Type R yang hanya terjual 9 unit sepanjang Oktober ini. Kendaraan Honda lain seperti Mobilio terjual 251 unit, City Hatchback RS sebesar 150 unit, Civic RS terjual 67 unit, Accord New sebanyak 14 unit, dan terakhir City New terjual 16 unit.

Di penghujung akhir tahun, Honda menawarkan program khusus bertema HEBOH (Honda Lebih Banyak Promo di Akhir Tahun). Promo ini berlaku bagi konsumen yang melakukan pembelian pada bulan November 2023. Adapun promo tersebut seperti biaya perawatan gratis hingga paket upgrader.

Untuk promo biaya perawatan gratis hanya akan diberikan bagi konsumen yang membeli kendaraan Brio Satya, Brio RS, CR-V, Mobilio, City Hatchback RS, dan BR-V. Program tersebut mencangkup biaya gratis jasa dan suku cadang untuk perawatan berkala sampai 20 ribu km atau 4 bulan.