komparase.com

Toyota dan Suzuki Kolaborasi lagi, Bakal Meluncurkan 'Baby SUV'

Selasa, 10 Oktober 2023 | 09:00 WIB
Small SUV Kolaborasi Toyota dan Suzuki
Small SUV Kolaborasi Toyota dan Suzuki

Toyota kembali bekerja sama dengan Suzuki untuk memproduksi kendaraan. Kali ini, kolaborasi pabrikan asal Jepang ini bakal membuat SUV berukuran mini. Toyota dan Suzuki bukan pertama kali menjadi partnership, keduanya pernah berkolaborasi untuk produksi kendaraan Baleno, Ciaz, Ertiga, RAV4 Hybrid, Corolla Estate Hybrid, hingga Vitara Brezza.

Melansir dari Arena EV, SUV mini tersebut diperkirakan akan menggunakan konsep bZ Small Crossover yang mengaspal tahun lalu. Dilihat dari segi dimensi, kendaraan yang disebut dengan 'Baby SUV' ini memiliki ukuran antara Toyota Aygo X dan Toyota Yaris Cross. 

Hadirnya SUV berukuran kecil ini memberikan kejutan di tengah gencarnya Toyota fokus mengembangkan kendaraan listrik. Di antaranya mobil listrik yang menggunakan bahan bakar USPTO yang didaftarkan baru-baru ini. 

Mobil hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki nantinya tidak hanya bisa dinikmati bagi pengendara asal Negeri Sakura saja. Pasalnya, Toyota dan Suzuki berniat untuk memproduksi 'Baby SUV' untuk skala internasional khususnya di pasar Eropa.

'Baby SUV' diharapkan menggunakan platform eTNGA dan mesin yang digunakan mampu menghasilkan 125 Wh/km. Sementara Toyota dan Suzuki menjadikan kendaraan ini sebagai mobil listrik SUV yang dipasarkan pada 2025 mendatang.

Kerap berkolaborasi, Toyota rupanya memiliki alasan khusus memilih Suzuki. Menurut Toyota,  perusahaan yang didirikan oleh Michio Suzuki ini dinilai sangat ahli dalam mengembangkan kendaraan kompak.

Di tahun yang sama, Suzuki diperkirakan akan meluncurkan kendaraan listriknya, eVX. Mobil ini diperkirakan memiliki dimensi yang besar di mana panjang eVX mencapai 4.300 mm. 

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini