komparase.com

Volkswagen Recall 23 Ribu Kendaraan ID.4, Ada Masalah di Sunshade

Jumat, 17 November 2023 | 13:00 WIB
Volkswagen ID.4
Volkswagen ID.4

Volkswagen (VW) berikan kabar kurang menyenangkan terkait kendaraannya ID.4. Produsen otomotif asal Jerman ini akan menarik kembali alias recall terhadap 23.883 unit ID.4 keluaran 2023-2024. Langkah ini diambil lantara komponen sunshade (pelindung matahari) tidak tahan terhadap api.

Berdasarkan dokumen yang diajukan VW ke National Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya, bukan karena sunroof panoramic yang mudah terbakar melainkan laju pembakaran material terkadang melebihi batas maksimum yang diperbolehkan, seperti yang dilansir dari Carscoops pada Jumat, 17 November 2023.

Perusahaan mengetahui masalah tersebut pertama kali pada Mei lalu. Kala itu, mereka sedang melakukan pengujian ‘Kesesuaian Produksi’ internal dan menemukan fakta bahwa kerai mungkin tidak memenuhi peraturan.

Volkswagen mengakui bahwa bahan tersebut dibuat secara ‘tidak konsisten’ sehingga sangat disayangkan ketika menemukan kejadian tersebut. Kendati demikian, pihaknya tetap harus memenuhi peraturan guna kenyamanan serta keamanan pengendara.

Terkait masalah ini, perusahaan sudah menghubungi pihak pemasok yakni Automotive Mexico Body System. Di mana Volkswagen dan pemasok telah bersama-sama untuk melakukan uji coba di laboratorium.

Dari hasil analisis yang sudah dilakukan, Volkswagen rupanya belum bisa menemukan inti permasalahan. Kendati demikian, VW mengklaim bahwa pihaknya telah reorientasi material dalam tahap produksi sejak 1 Agustus lalu.

Volkswagen ID.4 tahun 2023-2024 saat ini telah berada di lapangan. Perusahaan menegaskan bahwa pihaknya sudah memberikan informasi untuk recall dan mulai menghubungi setiap pemilik mulai 5 Januari 2024.

Pemilik ID.4 nantinya diminta untuk mengembalikan kendaraan mereka ke dealer terdekat yang dilengkapi dengan bahan penghambat api berupa kain yang diterapkan pada roller kerai. Sejauh ini, pihak perusahaan belum menerima laporan terkait masalah yang ditemukan pada konsumen.

Bulan lalu, Volkswagen juga melakukan penarikan kembali terhadap kendaraan tipe Atlas keluaran 2019. Penarikan ini dikarenakan pemasok menemukan kemungkinan masalah pada airbags.

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini