Toyota Sedang Uji Coba Mobil Bertenaga Hidrogen di Jalanan Umum Australia

Senin, 13 November 2023 | 06:45 WIB

News Image Toyota HiAce

Menuju Net Zero Emission (NZE), Toyota tampaknya fokus mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya kerjasama dengan dua perusahaan yang mengelola energi hidrogen di Australia.

Toyota Motor Corp. belum lama ini juga terlihat sedang melakukan uji coba terhadap kendaraan bertenaga hidrogen di negeri Kanguru tersebut. Dengan demikian, Toyota menjadi produsen otomotif Jepang pertama yang menguji cobakan kendaraan ramah lingkungan dengan hidrogen. Kendaraan tersebut adalah van yang dimodifikasi khusus dari seri HiAce.

"Pengujian kendaraan HiAce yang akan menggunakan gas hidrogen di Australia dimaksudkan untuk mengasah teknologi mesin hidrogen yang disempurnakan melalui motorsport lebih jauh lagi menuju penerapan praktis," ujar Toyota dalam siaran pers dilansir dari ANTARA pada Senin, 12 November 2023.

Uji coba kendaraan HiAce bertenaga hidrogen tersebut dilakukan sejak akhir Oktober 2023 hingga Januari 2024 mendatang. Uji coba yang dilakukan untuk memastikan pengoperasian serta ketahanan selama di jalanan.

Bukan sekadar mengetahui kualitas kendaraan, Toyota juga bermaksud ingin mengenalkan alternatif bahan bakar fosil yang lebih ramah lingkungan, hidrogen ke publik. 

Sebelum mengujicobakan HiAce, Toyota telah mengikutsertakan kendaraan dengan mesin hidrogen pada balapan daya tahan 24 di Jepang pada Mei lalu. Sementara Toyota memiliki kurang lebih 50 kendaraan bertenaga hidrogen yang siap diujicobakan di Australia.

Indonesia tidak mau ketinggalan menerapkan tenaga ramah lingkungan. Setelah menandatangani Paris agreement pada 2016, pemerintah akan merealisasikan kendaraan bertenaga hidrogen hingga 2060.

Pemerintah berencana untuk mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen dimulai pada 2031. Salah satu produsen otomotif yang menyambut baik rencana ini adalah Toyota yang akan melanjutkan program multiple solution dengan menghadirkan kendaraan dengan mesin ramah lingkungan seperti hidrogen dan listrik.