5 Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Ada Wuling Air EV Lite

Senin, 18 September 2023 | 22:11 WIB

News Image Wuling Air EV Lite

Kehadiran mobil listrik yang semakin marak membuat sejumlah produsen berlomba-lomba memboyong produknya ke Indonesia. Bahkan sejumlah mobil listrik telah digunakan sebagai kendaraan di KTT ASEAN 2023 seperti IONIQ 5 hingga Wuling Air EV.

Namun, banyak konsumen enggan menggunakan mobil listrik karena harganya yang mahal. Oleh sebab itu, tidak sedikit produsen menghadirkan mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap dilengkapi fitur-fitur canggih. Lantas mobil listrik termurah apa saja yang bisa dibeli di Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Haka Motors

Mobil listrik termurah justru datang dari negeri sendiri yakni Haka Motors. Mobil ini merupakan produk milik Halim Kalla yakni adik dari mantan Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Haka Motors menawarkan tiga mobil listrik yang bisa dirasakan para pengendara di Tanah Air seperti Trolis, Erolis, dan Smuth.

Trolis menjadi mobil listrik termurah yang dibanderol tidak sampai Rp 100 juta yakni 60 juta. Desain mobil listrik ini cukup unik karena mirip dengan bajaj. Sementara bagian mesin, Trolis menggunakan baterai berkapasitas 7,6 kWh 72 Volt yang bisa melaju sejauh 150 km.

Ada varian lagi dengan model berbeda yakni Erolis dengan harga sekisar Rp 85-95 juta. Sementara varian tertingginya dibanderol dengan harga Rp 140-150 juta yang bisa melaju dengan jarak tempuh 175 km.

2. K-Upgrade

K-Upgrade pertama kali dikenalkan ke Indonesia pada event Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Mobil listrik ini langsung menuai sorotan karena dibanderol dengan harga yang murah yakni cukup Rp 75 juta saja. Jika dilihat dari desain, mobil pabrikan China ini mirip dengan Suzuki Karimun Wagon R.

Dilihat dari dapur pacu, K-Upgrade memberikan penawaran yang menarik di segmen mobil listrik murah. Pasalnya, mobil ini menggunakan penggerak semua roda (all-wheel drive) yang didukung dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh di mana bisa menghasilkan tenaga hingga 68 PS.

3. Panda Mini EV

Geely menghadirkan mobil listrik bernama Panda Mini EV di Indonesia. Mobil listrik ini menjadi kendaraan yang diproduksi oleh Geely. Seperti yang diketahui, Geely mendapatkan tawaran kerja sama dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membuat mobil listrik di Indonesia bernama Nasional.

Panda Mini EV ini dibanderol dengan harga yang terjangkau dan baru dipasarkan di Indonesia pada 2023. Mobil listrik pabrikan China tersebut diprediksi dibanderol seharga US$ 5.700 (Rp 87 juta). Panda Mini EV dibekali dengan mesin 30 kW plus baterai LFP.

4. Wuling Air EV Lite

Wuling Air EV Lite menjadi salah satu mobil listrik yang mendapatkan harga subsidi dari pemerintah. Yang awalnya dibanderol seharga Rp 206 juta (OTR Jakarta), setelah disubsidi pemerintah menjadi Rp 188 juta. Mobil pabrikan China ini menawarkan dua model yakni Standar Range dan Long Range.

Wuling Air EV Lite dibekali dengan mesin Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 18 kWh. Mesin ini mampu melajukan mobil dengan jarak tempuh hingga 200 km. Sementara mobil listrik Wuling ini mampu berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam waktu 5,6 detik

5. Toyota C+Pod

Toyota menjadi salah satu produsen yang aktif memproduksi mobilnya di Indonesia. Kali ini, Toyota menghadirkan mobil listrik termurahnya di Tanah Air bernama C+Pod. Ada dua tipe yang ditawarkan yakni C+Pod tipe H dan C+Pod tipe X. 

Toyota C+Pod dibekali dengan baterai berbasis Battery Electric Vehicle (BEV). Secara mesin, mobil listrik Toyota tersebut mengandalkan magnet permanen (1RM) berkapasitas 9,2 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm. Dengan mesin ini, C+Pod melaju dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Nah, demikian mobil listrik termurah yang bisa dibeli di Indonesia. Kendaraan listrik menjadi alternatif untuk menekan emisi kendaraan yang bisa menyebabkan polusi hingga penyakit. Tertarik untuk membeli mobil listrik?