Alasan Volkswagen Hentikan Produksi Mobil Listrik di Pabrik Jerman

Jumat, 10 November 2023 | 07:39 WIB

News Image Volkswagen Polo GTI

Volkswagen hentikan produksi kendaraan listrik untuk sementara waktu di pabrik Zwickau, Jerman. Bukan tanpa alasan, perusahaan saat ini tengah kekurangan komponen mesin kendaraan berupa motor listrik.

Dikutip dari Arena EV, kabar tersebut muncul setelah adanya penghentian produksi kendaraan serupa di pabrik Dresden, Jerman pada bulan lalu. Perusahaan merasakan tantangan baru dalam dunia otomotif yang notabene mengalami transisi ke kendaraan bertenaga listrik.

Sebagai informasi, pabrik Zwickau merupakan tempat untuk produksi mobil listrik terbesar Volkswagen. Pabrik tersebut menjadi tonggak Volkswagen untuk mengembangkan mobil listrik yang semakin tumbuh positif.

Volkswagen telah berinvestasi untuk memproduksi mobil listrik sebesar 1,21 miliar euro atau setara dengan Rp 20,3 triliunan. Sayangnya, pabrikan Jerman ini mengalami kendala terhadap ketersediaan komponen utamanya, motor listrik. Akibatnya, Volkswagen harus menghentikan produksi Audi Q4 e-tron termasuk varian sportback. Selain itu, berdampak pula terhadap produksi Volkswagen ID.4 dan ID.5.

Chief Financial Officer Volkswagen Arno Antiliz menyebutkan pemesanan kendaraan listrik mengalami penurunan di Eropa. Di antaranya mengalami penurunan menjadi 300.000 unit, artinya pemesanan kendaraan listrik mengalami penurunan 150.000 unit dari tahun sebelumnya.

Perusahaan memperkirakan adanya penurunan daya beli konsumen terhadap produknya karena suku bunga yang lebih tinggi serta pengurangan subsidi.

Meski minat konsumen terhadap mobil listrik di Eropa menurun, ternyata bertolak belakang dengan pengiriman kendaraan listrik. Pasalnya, Volkswagen mengalami peningkatan untuk pengiriman mobil listrik sebesar 45 persen dalam waktu sembilan bulan pertama pada tahun ini.