Ingin Saingi Merek Asal China, Tesla Bakal Produksi Mobil Listrik Murah

Selasa, 7 November 2023 | 04:40 WIB

News Image Tesla Model 3

Tesla dikabarkan akan produksi mobil listrik murah. Langkah ini diambil lantaran masuknya kendaraan listrik asal China secara masif. Terlebih mobil buatan negeri Tirai Bambu tersebut jauh lebih murah. Merebaknya kendaraan listrik asal China ini, Tesla akan membangun pabrik di Berlin, Jerman guna memproduksi kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau.

Melansir dari Reuters, berdasarkan keterangan seorang sumber, CEO Tesla Elon Musk mengatakan kepada karyawan bahwa perusahaan akan memanfaatkan pabrik di Berlin untuk memproduksi mobil listrik yang nantinya bisa dijual seharga 25.000 euro atau setara dengan Rp 416 jutaan.

Pihak Tesla tidak memberitahukan kapan pabrik di Berlin bakal dioperasikan. Tampaknya hal ini cukup lama untuk direalisasikan mengingat Tesla tengah membangun pabrik di Meksiko. Sementara pabrik di Amerika itu sedang mengalami perlambatan karena turunnya permintaan dan suku bunga yang naik.

Tesla juga harus bersaing dengan China terkait pembangunan pabrik mobil listrik di Eropa. Seperti yang dilaporkan media Jerman, BYD, salah satu merek mobil listrik China dikabarkan bakal membangun pabrik khusus produksi kendaraan bertenaga listrik di Hungaria.

Berdasarkan data dari konsultan otomotif Inovev, kendaraan listrik asal China yang dijual ke Eropa sepanjang tahun ini mencapai 8%. Persentase ini meningkat 6% pada tahun lalu dan 4% pada tahun 2021.

Bahkan ekspor mobil China pada bulan September tumbuh menjadi 50 persen secara tahunan dan tumbuh 31 persen dibandingkan pada Agustus 2023. Sementara Tesla mengekspor mobil listrik dari China mencapai 30.566 unit pada September 2023. Angka ini naik menjadi 57 persen atau 19.465 unit dibandingkan pada bulan Agustus 2023.