Toyota Gandeng Perusahaan Minyak Jepang untuk Produksi Baterai Solid-State Kendaraan Listrik

Jumat, 13 Oktober 2023 | 12:02 WIB

News Image Ilustrasi Mobil Listrik Toyota

Toyota telah mengumumkan perusahaa tengah bersiap untuk memproduksi baterai kendaraan listrik sendiri. Untuk merealisasikan rencana ini, produsen otomotif asal Jepang ini bekerja sama dengan perusahaan minyak untuk mengembangkan baterai jenis solid-state.

Berdasarkan laporan outlet otomotif Drive,  Toyota telah mengumumkan telah bermitra dengan perusahaan minyak Jepang, Idemitsu Kosan. Meskipun perusahaan telah mengumumkan akan mengenalkan baterai solid-state pada 2028, namun Toyota sudah menginformasikan terkait rencana dan jadwal untuk mencapai produksi baterai massal tersebut.

Toyota menganggap kehadiran baterai solid-state sebagai langkah besar berikutnya setelah memproduksi kendaraan listrik. Dengan baterai ini, perusahaan menawarkan jarak tempuh hingga 1.500 km pada kendaraan listrik.

Toyota dan Idemitsu Kosan telah mempersiapkan puluhan karyawan untuk mengembangkan baterai solid-state. Idemitsu mengatakan telah mengembangkan cara untuk membuat lithium sulfida menggunakan produk sampingan yang biasanya dihasilkan dari penyulingan bensin.

Baterai solid-state dipastikan bisa mengisi daya 10-80 persen dalam waktu 10 menit. Meski sudah dikenalkan jauh-jauh hari, baterai solid-state bakal meluncur pada 2027 atau 2028.

Sebelumya Toyota telah mengumumkan rencana untuk membuat empat baterai yakni baterai performance Li-ion, baterai LFP (Lithium Iron Phosphate) Popularization, baterai hogh performance Li-ion, dan terakhir baterai solid-state. Rata-rata baterai tersebut bakal diluncurkan pada 2026. Sementara Toyota berencana membuat 3,5 juta unit mobil listrik pada 2030.