Sudah Terdaftar di Indonesia, Wuling Bingo Dijual Rp 182 Juta?

Jumat, 3 November 2023 | 16:19 WIB

News Image Wuling Bingo

Wuling tampaknya akan menghadirkan kendaraan mungil selain Air EV ke Indonesia. Salah satu mobil listrik yang membuat banyak orang penasaran adalah Wuling Bingo. Beberapa waktu lalu, rumor beredar Bingo bakal mengaspal di Tahan Air.

Ternyata rumor tersebut bukan sekadar kabar burung, Wuling telah mendaftarkan kendaraan diduga seri Bingo. Pasalnya ada 14 tipe kendaraan yang didaftarkan di Samsat PKB Jakarta. Kendaraan paling rendah memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) senilai Rp 182 juta sementara termahal dibanderol sekitar Rp 260 juta.

Jika Wuling Bingo masuk ke Indonesia, harga dipastikan lebih mahal dibandingkan Air EV yakni sekitar Rp 150 jutaan apabila sudah mendapatkan 'subsidi' pemerintah. Tentu harga tersebut lebih tinggi dari negara asalnya yang dijual seharga 59.800 Yuan (Rp 126 jutaan) untuk varian entry level sementara versi Longa Range seharga 73.800 (Rp 156 jutaan).

Wuling Bingo baik versi entry level maupun long range, memiliki dimensi 1.708 x 3.950 x 1.850 mm. Desain Bingo lebih tajam dengan lampu bulat yang meruncing ke atas. 

Jika menilik ke dalam, interior Wuling Bingo hampir mirip dengan Air EV. Kendaraan listrik ini disertai dengan layar instrumen digital dan layar utama berukuran 10,25 inci. Bahkan untuk segmen pasar China, Bingo sudah disertai dengan fitur Voice Recognition System.

Beralih pada bagian dapur pacu, Wuling Bingo entry level dan long range tentu tidak sama namun keduanya menggunakan baterai LFP (Lithium Iron Phosphate). Untuk versi terendahnya, Bingo disematkan baterai berkapasitas 17,3 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 203 km. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 41 PS dan torsi maksimum 110 Nm.

Sementara untuk versi long range, Bingo mengandalkan baterai berkapasitas 31,9 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 68 PS dan 150 Nm. Dengan mesin ini, Wuling Bingo bisa menempuh hingga jarak 333 km.

Baterai yang digunakan mampu terisi daya dari 0-100 persen dengan pengisian daya AC dalam waktu 9,5 jam. Wuling Bingo juga sudah disertai dengan pengisian cepat DC yang bisa mengisi dari 30-80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Di China, Wuling Bingo menawarkan empat warna yakni hitam, putih, hijau, dan merah muda. Jika dipasarkan ke Indonesia, spesifikasi di atas mungkin saja tidak mengalami perubahan. Kendati demikian, Wuling memberitahukan informasi jadwal pasti dari peluncuran Bingo di Indonesia.