VinFast Dipastikan Segera Bergabung ke Gaikindo, Kapan Mulai Produksi Mobil di Indonesia?

Jumat, 3 November 2023 | 08:22 WIB

News Image Mobil VinFast

Produsen otomotif asal Vietnam VinFast dipastikan akan bergabung dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Alhasil, kendaraan produksi VinFast segera mengaspal di Tanah Air. 

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara. Menurutnya, VinFast sedang mempersiapkan izin dan dokumen perizinan agar kendaraannya bisa masuk ke pasar Indonesia.

"Mereka memang sudah ada omongan dengan kita (Gaikindo), mereka sudah datang dan indikasi untuk bergabung sih kayaknya akan ya,” ujar Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Kukuh Kumara dilansir dari ANTARA pada Jumat, 3 November 2023.

VinFast mempertimbangkan untuk memasarkan kendaraannya ke Indonesia lantaran negara ini memiliki potensi yang besar terlebih jumlah penduduknya yang banyak. Sehingga kehadiran kendaraan VinFast akan memberikan warna baru termasuk dunia otomotif di Indonesia.

"Itu kan sebagai tawaran ke konsumen, mereka tinggal milih mana yang cocok ke mereka. Karena Indonesia kan, memiliki pasar yang potensial dengan jumlah penduduk yang begitu banyak dan perekonomian yang saat ini sudah cukup membaik,” lanjutnya.

VinFast sebelumnya dikabarkan akan berinvestasi di Indonesia sebesar US$ 300 juta atau setara dengan Rp 3 triliunan. Uang tersebut rencananya digunakan untuk membangun pabrik otomotif yang bakal menghasilkan 50 ribu unit kendaraan dalam waktu satu tahun.

Bahkan VinFast sudah membuat rencana jangka panjang untuk produksi kendaraan di Indonesia lantaran sudah mempersiapkan dana sebesar US$ 1,2 miliar atau senilai Rp 18,5 triliunan. 

VinFast berencana untuk memulai perakitan kendaraannya di Indonesia pada 2026. Namun, produsen otomotif asal Vietnam belum memberikan informasi waktu pasti terkait rencana tersebut. Selain Indonesia, VinFast juga berencana berinvestasi ke sejumlah negara di Asia seperti India dan Malaysia.