Toyota Veloz Buatan Indonesia Masuk ke Pasar Thailand, Gaya Lebih Sporty

Kamis, 2 November 2023 | 17:09 WIB

News Image Toyota Veloz X-Urban

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bukan hanya meluncurkan Veloz di Indonesia melainkan di beberapa tetangga termasuk di Thailand. Untuk segmen pasar di negeri Gajah Putih, Toyota memilih untuk menggunakan nama Veloz X-Urban.

Berbeda dengan di Tanah Air, Veloz di Thailand tampil lebih sporty dengan sedikit perubahan di eksterior. Meski menyasar segmen LMPV, Toyota memberikan sentuhan bodi yang tebal dan banyak lekukan terlebih adanya warna silver yang memberikan kesan lebih eksklusif.

Pada bagian depan, Veloz X-Urban dilengkapi warna hitam pada di dekat foglamp lalu lip spoilernya tampak gagal dengan sentuhan offroad yang dipadukan dengan kelir warna silver. Beralih pada bagian samping di mana fender terbuat dari plastik dengan warna hitam doff. Sedangkan bagian velg berbeda, Toyota kini menggunakan ukuran 17 inci dengan lima palang two tone hitam-silver yang meningkatkan kesan premium.

Pada bagian belakang, Veloz X-Urban tidak kalah gagah dengan tambahan add on warna hitam pada bagian bumper belakang serta sentuhan warna silver pada underguard. Tidak lupa, Toyota menyematkan merek Veloz pada bagian pintu belakang.

Pada bagian interior, Toyota masih mengadopsi layar cluster berukuran 7 inci. Selain itu juga dilengkapi dengan layar infotainment yang dibuat mengambang (floating monitor) berukuran 9 inci. Untuk Veloz yang diluncurkan di Thailand, perusahaan sudah menyambungkan antara layar dengan platform Android Auto atau Apple CarPlay.

Dalam mesin terpasang kode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc empat silinder. Dengan demikian, tenaga dihasilkan sebesar 106 PS dan torsi maksimum 137 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui CVT ke roda depan. Sementara transmisi yang digunakan kemungkinan adalah otomatis dan belum diberikan opsi manual.

Dari segi keamanan, Toyota menyematkan fitur Toyota Safety Sense seperti Automatic High Beams, Lane Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, Emergency Brake Signal dan masih banyak lagi.

Toyota belum memberikan informasi terkait harga yang bakal ditawarkan ke pasar Thailand. Kemungkinan harga bisa lebih tinggi atau rendah dari Veloz seri premium yang dibanderol seharga 875 ribu baht atau setara dengan Rp 385,8 jutaan.