Sinyal Kuat BYD Bakal Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Rabu, 1 November 2023 | 18:54 WIB

News Image Mobil Listrik BYD

Produsen otomotif China mulai menguasai segmen kendaraan listrik termasuk di Indonesia. Usai wuling, salah satu merek yang bakal memasarkan kendaraan listriknya adalah BYD. Sinyal kuat ini muncul setelah unggahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mengunggah foto pertemuan antara BYD dan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

"Mendampingi Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo menerima jajaran pimpinan BYD di Istana Merdeka," tulis Erick Thohir sebagai sambutan terhadap BYD saat di Indonesia dilansir dari akun Instagram, @erickthohir pada Rabu, 1 November 2023.

Lebih lanjut, BYD rupanya telah melihat perkembangan Indonesia terhadap kendaraan listrik. Oleh sebab itu, BYD berencana ingin menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan mobil listrik.

"BYD sebagai perusahaan manufaktur kendaraan listrik terbesar di dunia melihat potensi Indonesia dan berminat untuk menjajaki kerja sama perkembangan ekosistem industri kendaraan listrik dan energi hijau di Tanah Air," lanjut Menteri BUMN tersebut.

Deputi Koordinator Bidang Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves Rachmat Kaimudin menjelaskan bahwa pemerintah telah menandatangani perjanjian kerahasiaan (Non Disclosure Agreement alias NDA) dalam MoU Memorandum of Understanding) terkait investasi mobil listrik.

Sementara BYD sedang berencana untuk meluncurkan bus bertenaga listrik di Indonesia. Bus tersebut akan digunakan sebagai alat transportasi di Jakarta.

"Di Indonesia, BYD dapat mengandalkan unit VKTR Bakrie & Brothers untuk mendapatkan kontrak pemerintah terhadap 52 bus EV untuk Jakarta," ujar Chief Strategy Officer BYD Alex Kim.

BYD meluncurkan kendaraan listriknya, Atto 3 setelah Malaysia dan Thailand. Tidak hanya itu saja, BYD Dolphin juga menjadi salah satu kendaraan listrik yang segera mengaspal di Indonesia. Pasalnya kendaraan tersebut tertangkap kamera dibawa menggunakan truk carrier di jalan tol Jakarta - Cikampek beberapa waktu lalu.