Toyota Akan Hadirkan Mobil Listrik dengan Model SUV Kecil dan Sedan

Selasa, 5 Desember 2023 | 02:06 WIB

News Image SUV Toyota Konsep

Toyota menjadi salah satu produsen otomotif yang belum banyak memproduksi kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV). Saat ini, pabrikan asal Jepang ini hanya memasarkan mobil listrik model bZ4x. Seperti yang diketahui, Toyota bZ4X pernah digunakan di KTT G20 yang digelar di Indonesia beberapa waktu lalu.

Melansir dari Caranddriver, Toyota berencana mengembangkan mobil listrik dengan model Urban Sport Utility Vehicle (SUV) dan Sport Crossover. Kendaraan tersebut akan ditujukan khusus pemasaran di Eropa dan memberikan sentuhan yang berbeda dibanding bZ4X yang ada saat ini.

Konsep Urban SUV Toyota terlihat lebih besar dengan panjang sekitar 169,3 inci. Meski tampak besar, ukuran ini lebih kecil untuk pemasaran di Amerika Serikat. Bahkan ukuran SUV ini lebih kecil dibandingkan Corolla Cross yang notabene sebagai crossover terkecil Toyota yang dipasarkan di Amerika.

Mobil Urban SUV ini dikabarkan segera diproduksi dengan dua pilihan baterai. Selain itu, mobil tersebut juga menawarkan sistem penggerak depan (FWD) dan penggerak empat roda alias all wheel drive (AWD).

Di Amerika Serikat, Toyota sepertinya akan menawarkan bZ3X dengan tampilan yang serupa namun memiliki dimensi yang lebih besar. Mobil listrik tersebut sudah dipamerkan pertama kali dengan bentuk konsep tahun lalu.

Sementara untuk Sport Crossover, memiliki bentuk yang lebih menarik di antaranya perpaduan sedan, hatchback, dan SUV. Mobil tersebut memiliki jarak antar sumbu roda yang panjang, memiliki atap yang relatif rendah, serta pada bagian belakang yang melengkung. Model kendaraan ini mengingatkan pada Toyota Crown yang sudah tidak diproduksi lagi.

Mobil Sport Crossover pertama kali dikenalkan di China pada awal tahun ini. Rupanya, kendaraan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan produsen mobil listrik asal China, BYD.

Dilihat dari modelnya, kendaraan ini mengingatkan pada sedan kecil bZ3 yang dipasarkan di China. Sport Crossover ini kemungkinan akan menggunakan nama bZ5 namun tidak diketahui apakah akan dipasarkan secara global atau tidak.

Sebelum mengenalkan kedua model mobil ini, Toyota telah memberikan bocoran bahwa perusahaannya akan meluncurkan enam model dengan tenaga listrik di Eropa pada 2026 mendatang. Sementara untuk peluncuran mobil listrik di Amerika Serikat akan mengalami keterlambatan.

Toyota saat ini hanya memasarkan bZ4X di Indonesia. Untuk membangun ekosistem mobil elektrifikasi, Toyota masih dalam tahap riset dalam pembangunan baterai mobil listrik. 

Guna mencapai tujuan netral karbon, Toyota tidak ingin terburu-buru membangun mobil listrik. Perusahaan otomotif asal Jepang ini akan meluncurkan mobil elektrifikasi secara bertahap dengan konsep multi-pathway.