Intip Spesifikasi Lexus LF-ZC yang Mejeng di JMS 2023, Bisa Menempuh Jarak Hingga 1000 Km

Rabu, 1 November 2023 | 13:44 WIB

News Image Lexus LF-ZC

Lexus akhirnya memperkenalkan kendaraan listriknya, LF-ZC (Lexus Future Zero-emission Catalyst) di pameran Japan Mobility Show (JMS) 2023. Kehadiran LF-ZC seiring dengan komitmen Lexus untuk menghadapi tantangan kendaraan elektrifikasi dan menargetkan menjadi merek sepenuhnya mobil listrik pada 2035.

Bukan sekadar menghadirkan kendaraan listrik, Lexus mengklaim bakal menawarkan kendaraan dengan fitur serta teknologi yang memberikan kenyamanan selama berkendara.

Dari segi eksterior, Lexus LF-ZC penuh dengan gaya futuristik. Gaya ini didukung dengan dimensi yang cukup besar yakni panjang 4.750 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.390 mm. Sementara jarak antar sumbu roda sebesar 2.890 mm. Meski cukup besar, Lexus menjanjikan kabin yang lega dan nyaman.

Pada bagian depan terkesan lebih rendah sehingga memberikan efek kabin yang lega. Ditambah dengan atap panoramic yang membuat penumpang merasakan kenyamanan ketika menatap ke atas. Tentu saja atap ini tidak menimbulkan kabin terasa panas saat siang hari.

Menengok pada bagian interior, pengemudi dan penumpang akan dibuat terkesima dengan ruang dalam yang mengusung teman bambu. Lexus menerapkan Bamboo CMF Concept di mana warna dan sentuhan akhirnya merupakan tumbuhan bambu sehingga pengemudi akan dibawa tenang karena nuansa pepohonan dalam kabin.

Menilik bagian head unit, Lexus menawarkan layar yang super besar untuk infotainment maupun pengaturan lainnya. LF-ZC menjadi kendaraan pertama yang menggunakan sistem Arene OS yang memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) di mana kendaraan dan pengemudi seolah-olah menyatu, misalnya untuk parkir akan berjalan secara otomatis hanya dengan pengemudi mengarahkan dengan jari.

Bagian dapur pacu, Lexu bakal menggunakan baterai NMC series. Dengan tenaga yang dihasilkan, Lexus LF-ZC mampu menempuh jarak hingga 1.000 km. Sayangnya, Lexus tidak memberikan bocoran terkait kapasitas baterai serta berapa tenaga yang dihasilkan. Namun, Lexus mengklaim baterai yang digunakan sudah disertai dengan teknologi fast charging yang bisa mengisi daya penuh dalam waktu 20 menit.

Lexus baru akan meresmikan LF-ZC pada 2026 mendatang. Hingga saat ini, Lexus belum memberikan informasi terkait spesifikasi lengkap dan harga yang akan dipasarkan.