komparase.com

Memahami Kecanggihan Teknologi Pada Mobil Listrik Masa Kini

Jumat, 29 September 2023 | 01:00 WIB
ilustrasi mobil listrik
ilustrasi mobil listrik

Isu lingkungan yang menjadi masalah utama akhir-akhir ini mendorong elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Pemeritnah sendiri mulai mendorong untuk peralihanpenggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri kehadiran mobil listrik nampak tumbuh signifikan semakin besar.

Berbicara mengenai mobil listrik masa kini semakin canggih dalam berbagai inoviasi yang telah dilakukan berbagai pabrikan kendaraan listrik. Berikut ini adalah beberapa hal mendasar yang mendasari kecanggihan mobil listrik masa kini.

1.       Penggunaan baterai yang semakin efisien

Komponen penting dari mobil listrik adalah baterai. Jika baterai semakin efisien maka jarak tempuh kendaraan akan semaki jauh. Perkembangan teknologi baterai kini juga semakin berkembang. Bahkan baterai lithium-ion yang sekarang banyak digunakan diklaim lebih efektif dibandingkan dengan bterai nikel cadmium yang biasanya digunakan padamobil listrik generasi awal.

2.        Pengisian daya baterai yang semakin cepat.

Sistem pengisian daya baterai yang semakin cepat sangat vital bagi ketersedian sumber energi bagi kendaraan listrik itu sendiri. Sistem pengisian daya cepat ini akan membantu mobil listrik lebih mudah diisi daya. Saat ini pertkembangan teknologi sistem pengisian daya semakin berkembang pesat. Daya dan waktu pengisian mobil listrik masa kini jauh lebih cepat ddibandingkan dengan sistem pengisian daya kendaraan listrik generasi awal.

3.       Kendaraan listrik lebih bertenaga

Motor penggerak dari kendaraan listrik kini kian bertenaga. Motor listrik keberadaanya sangat penting bagi daya pacu kendaran tersebut. Selain itu juga mmebuat kendaraan menjadi lebih cepat dan responsif.

4.       Kemudi yang semakin otonom

Bentuk teknologi kendaraan listrik yang semakin canggih adalah adanya sistem kemudi ynag semakin otonom. Sistem kemudi yang otnomo bahkan membuat kendaraan dapat beroperasi sendiri tanpa menggunakan bantuan manusia.

Teknologi kemudi otonom hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan. Namun bukan tidak mungkin jika teknologi ini akan menjadi nyata dalam hitungan tahun kedepan.

Kendaraan listrik menawarkan banyak sekali manfaat dan subsitusi dari kendaraan konvensional. Hemat bahan bakar, lebih rendah emmisi gas buang, dan ramah lingkungan. Semakin berkembang kendaraan listrik tentu akan menjadi semakin populer mobil listrik di masa depan.

 

 

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini