Honda Recall 175 Ribu Civic 2022-2023, Alami Masalah pada Roda Depan

Kamis, 26 Oktober 2023 | 07:28 WIB

News Image Honda Civic

Honda umumkan penarikan kembali alias recall terhadap 176.410 unit Civic untuk model keluaran 2022-2023. Honda Civic dilengkapi dengan rak kemudi yang bisa memicu roda depan berputar terlalu banyak sehingga dapat menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan.

Melansir dari Carscoops, langkah penarikan ini diambil Honda setelah adanya laporan dari pemasok, Hitachi Astemo Americas, Inc. pada Juli lalu. Pemasok tersebut memberitahu adanya kemungkinan mereka mengalami cacat pada kendaraan yang diproduksinya.

Terkait hal ini, Honda mengambil tindakan dengan menyelidiki masalah tersebut pada September. Dari hasil penyelidikan disimpulkan rak kemudi yang bisa memutar roda terlalu banyak bisa berdampak pada keselamatan penumpang.

Honda menemukan adanya rak power steering yang dirakit dengan panjang kayuhan yang salah. Artinya, roda depan bisa memutar terlalu banyak. Jika demikian, roda bergerak terlalu jauh dan bisa rusak karena lengan suspensi bawah atau sebaliknya serta kedua skenario tidak dalam keadaan baik. 

Apabila ban rusak maka bisa menyebabkan ban bocor sewaktu-waktu. Jika kondisi berada di jalanan, kendaraan bisa menyebabkan kecelakaan baik kecelakaan tunggal atau beruntun.

Sebelumnya pemilik kendaraan sudah merasakan ketidaknyamanan sampai tingkat tertentu. Alhasil, bagian tersebut telah diperbaiki yang merupakan bagian dari perbaikan servis. Namun, Honda tidak menjelaskan sifat dari perbaikan servis sebelumnya dalam laporan penarikan.

Kendati demikian, Honda akan menghubungi pemilik Civic model empat atau lima pintu yang terdampak masalah rak kemudi pada 4 Desember mendatang. Perusahaan meminta para pemilik untuk mengembalikan ke dealer Honda terdekat untuk pemeriksaan. Terkait pemeriksaan ini, apabila ada masalah serius khususnya pada rak power steering elektriknya maka Honda akan menggantinya dengan yang baru.