Mitsubishi Xpander Hybrid Debut di Thailand, Kenapa Bukan di Indonesia?

Kamis, 26 Oktober 2023 | 06:40 WIB

News Image Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) bakal meluncurkan Xpander versi hybrid pada awal 2024 di Thailand. Meski dirilis pertama kali di Indonesia pada 2017 silam, Mitsubishi lebih memilih hadirkan Xpander hybrid di Thailand justru menimbulkan pertanyaan.

Mitsubishi menyebutkan harga Xpander hybrid di Thailand lebih menguntungkan dibandingkan di Indonesia. Oleh sebab itu, produksi dan peluncuran dilakukan di Thailand.

"Kenapa Xpander (produksi) di Thailand? Karena memang insentif pemerintah Thailand untuk mobil hybrid sangat besar, jadi harga (jual) bisa hampir sama dengan mobil konvensional," ujar Representative Executive Officer Executive Vice President MMC Tatsuo Nakamura dilansir pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Kendati demikian, Mitsubishi masih mempertimbangkan Indonesia menjadi salah satu negara yang bakal merasakan Xpander hybrid. Seperti yang diketahui, Thailand dan Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang memiliki penjualan kendaraan Mitsubishi tertinggi. 

"Di Indonesia banyak sekali orang yang tertarik untuk membeli kendaraan hybrid. Jadi kita akan mempelajari lebih lanjut acceptance di Indonesia dan mempertimbangkan kemungkinan produksi di Indonesia," ujar CEO Mitsubishi Takao Kato saat pameran di GIIAS 2023.

Di sisi lain, Mitsubishi Motors telah berinvestasi di Indonesia sebesar Rp 5,7 triliun untuk memproduksi kendaraan listrik. Jumlah tersebut rencananya akan terus bertambah mengingat MMC sudah menargetkan penanaman modal sebesar Rp 12,3 miliar terealisasikan.