komparase.com

6 Kendaraan Konsep Paling Menarik di JMS 2023, Ada Daihatsu Vision Copen hingga Toyota FT-Se

Kamis, 26 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Toyota FT-Se Concept
Toyota FT-Se Concept

Japan Mobility Show (JMS) sukses digelar pada hari pertama, Rabu, 25 Oktober 2023 di The Big Sight, Tokyo, Jepang. Selama acara berlangsung, para produsen otomotif Jepang pamerkan kendaraan konsep masa depan mereka mulai dari Daihatsu, Nissan, Honda, Toyota, hingga Mitsubishi.

Kehadiran kendaraan konsep tahun ini tidak jauh-jauh dari EV (Electric Vehicle). Mengingat kendaraan listrik dinilai lebih ramah lingkungan dan mampu menekan emisi gas karbon. Lantas kendaraan konsep EV apa saja yang menarik perhatian selama JMS 2023? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Mitsubishi D:X Concept

Mitsubishi D:X Concept menuai perhatian saat JMS 2023 mulai digelar. Dilihat dari desainnya saja, D:X concept sudah menunjukkan kesan masa depan. Kendaraan ini dilengkapi dengan storage box pada bagian rooftop. Kemudian unsur masa depan terlihat pada lampu T-LED yang ada bagian depan.

Mitsubishi D:X nantinya belum dibekali tenaga full listrik melainkan plug-in hybrid (PHEV). Menariknya, D:X dilengkapi dengan fitur suara interaktif AI (Artificial Intelligence) yang akan memberikan informasi berupa rute ke tujuan, kondisi cuaca, dan masih banyak lagi.

2. Toyota FT-Se Concept

Toyota mulai kembangkan kendaraan listrik, salah satunya Toyota FT-Se yang dikenalkan di hari pertama JMS 2023. Kendaraan ini merupakan sport car dengan dua pintu. Dilihat dari segi desain, Toyota mengadopsi spoiler ducktail milik Supra dan dilengkapi diffuser yang dramatis.

Pada bagian interior juga tidak kalah menarik. Toyota hadirkan potret ganda yang ditampilkan pada kedua sisi. FT-Se juga dilengkapi dengan instrumen digital serta menggunakan jok bucket Recaro dengan sandaran serat karbon.

3. Toyota FT-3e Concept

Bersamaan dengan dikenalkannya FT-Se, Toyota juha hadirkan FT-3e concept. Berbeda dengan FT-Se yang menyasar segmen sport car, FT-3e lebih ke SUV dengan empat pintu. Pada bagian eksterior, FT-3e membenamkan pilar A yang lebih rendah untuk meningkatkan aerodinamika. Serta ada lampu LED yang ramping memanjang baik pada bagian depan maupun belakang.

Menariknya, FT-3e memiliki tujuh layar di antaranya layar biasa, layar infotainment, dua layar potret di kanan dan kiri pengemudi, dua layar yang menggantikan kaca spion, layar sebagai kaca spion interior.

4. Honda Prelude Concept

Honda kejutkan pecinta otomotif di JMS 2023. Pasalnya, kendaraan yang sudah tidak diproduksi selama 20 tahun terakhir kembali dihadirkan. Tentu saja tampilan dan fitur yang disematkan diubah dengan gaya yang lebih modern dan ramah lingkungan.

Sejak dipampangkan di JMS, Prelude sudah menunjukkan sisi yang sangat sporty dengan bodi simetris. Kesan sporty muncul pada bagian ban di mana Honda menyematkan rem Brembo di balik ban yang berukuran 20 inci.

5. Toyota Rangga

Toyota Rangga concept pertama kali dikenalkan saat ajang Gaikindo Indonesia Internationa Auto Show (GIIAS) yang digelar pada Agustus lalu di Tangerang, Banten. Siapa sangka, kendaraan niaga pabrikan Indonesia ini mejeng di JMS 2023.Rangga di JMS 2023 dipilih dengan konsep Mobile Cafe. 

Tidak meninggalkan kesan Indonesia selama di JMS, Rangga menyematkan beberapa stiker bertuliskan bahasa Indonesia seperti 'Tuku Tiap Hari'. Kata 'Tuku' sendiri merupakan bahasa Jawa yang artinya 'Beli'. Sudah dipastikan bakal diproduks massal, Toyota tidak memberikan lebih rinci di mana Toyota Rangga bakal diproduksi. Tidak menutup kemungkinan Indonesia dipercaya untuk produksi Rangga khusus pasar Asia Tenggara.

6. Daihatsu Vision Copen

Daihatsu menjadi salah satu produsen otomotif yang membawa kendaraan konsepnya di JMS 2023. Salah satunya yang menarik perhatian adalah Vision Copen. Dimensi kendaraan dengan dua bangku lebih panjang dibanding generasi keduanya yakni 3.835 x 1.695 x 1.265 mm dengan jarak antar sumbu roda 2.415.

Mengintip bagian interior, Vision Copen dilengkapi dengan kokpit tengah digital yang akses sentuhan (touchscreen). Meski Daihatsu tidak memberikan informasi terkait dapur pacu, Vision Copen diperkirakan pakai mesin 1.300 cc.

Kendaraan di atas baru sedikit konsep yang dikenalkan secara resmi oleh produsen otomotif. Sementara Japan Mobility Show masih digelar beberapa hari ke depan. Para produsen otomotif Jepang tersebut pastinya akan menghadirkan kendaraan masa depan yang mengagumkan.

Lihat Juga Gadget 2023

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini