Mitsubishi Bekerja Sama dengan Ampere untuk Kembangkan Mobil Listrik, Bakal Luncurkan EV Beda Merek

Rabu, 25 Oktober 2023 | 14:15 WIB

News Image Ilustrasi Mitsubishi EV

Mitsubishi Motors Corporation atau kini disebut dengan Mitsubishi Motor bekerja sama dengan Ampere untuk mengembangkan mobil listrik. Ampere merupakan perusahaan perangkat lunak dan mobil listrik yang didirikan oleh Renault Group. 

Kerja sama tersebut dalam bentuk investasi yang dilakukan oleh Mitsubishi Motors kepada Ampere. Adapun nilai investasi maksimum yang bakal ditanamkan Mitsubishi Motors adalah 200 juta euro atau senilai dengan Rp 3,35 triliun.

"Bagi Mitsubishi Motors, investasi ini merupakan langkah maju yang ambisius dalam rencana manajemen jangka menengah yang diumumkan pada Maret 2023, di mana Mitsubishi Motors berkomitmen terhadap pengembangan kendaraan listrik dan memperkuat kerja sama dengan anggota Aliansi menuju fase percepatan elektrifikasi," tulis dalam pernyataan resmi dilansir dari situs Mitsubishi Motor pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Mitsubishi Motors merupakan aliansi dari Mitsubishi, Renault, dan Nissan. Sebelumnya, grup ini bertugas untuk mengembangkan industri infrastruktur, gas alam, hingga mobilitas. Namun, Mitsubishi Motors kini mulai mengembangkan kendaraan listrik mengingat cepatnya misi elektrifikasi di setiap negara.

Mitsubishi Motors berbeda dengan Mitsubishi Corporation. Pasalnya Mitsubishi Corporation bekerja sama dengan Honda yang bergerak di Bisnis Manajemen Battery Lifetime, Smart Charging, dan Bisnis Manajemen Energi  V2G (Vehicle-to-Grid).

Investasi Mitsubishi Motors ke Ampere bertujuan untuk meningkatkan teknologi pengembangan kendaraan listrik. Sebagai langkah awal dari kolaborasi kedua perusahaan ini, Ampere akan memasok kendaraan EV (Electric Vehicle) berbasis OEM (Original Equipment Manufacturer) di pasar Eropa.

Terkait kendaraan yang bakal diluncurkan berdasarkan kolaborasi ini, baik Mitsubishi Motors dan Ampere belum memberikan informasi lebih detail.