Toyota Tunjukkan Niat Serius Kembangkan Kendaraan EV di JMS 2023

Rabu, 25 Oktober 2023 | 13:22 WIB

News Image Toyota Land Cruiser Se

Japan Mobility Show (JMS) 2023 menjadi ajang produsen otomotif raksasa di Jepang untuk pamer kendaraan masa depan mereka. Salah satunya Toyota yang menghadirkan kendaraan konsep seperti FT-Se, FT-3e, hingga Land Cruiser Se.

Menghadirkan mobil konsep dengan tenaga full listrik selaras dengan tujuan perusahaan yang ingin mengembangkan kendaraan elektrifikasi. Kali ini, Toyota hadirkan beragam kendaraan listrik sesuai dengan tema 'Let's Change the Future of Cars!

"Masa depan adalah sesuatu yang kita ciptakan, kami ingin membuat masa depan yang lebih baik, saya tahu Anda akan menemukan masa depan di antara mobil-mobil Toyota,” President sekaligus CEO Member of the Board of Directors, Koji Sato dilansir dari ANTARA pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Mengacu pada tema 'Masa Depan', Toyota bukan hanya menghadirkan kendaraan listrik yang digadang-gadang bakal mencapai popularitasnya di tahun 2030, perusahaan juga hadirkan kendaraan masa depan yang bisa mengarungi luar angkasa dan bulan.

Toyota mengklaim kendaraan masa depan mereka merupakan kendaraan yang ramah lingkungan, berteknologi tinggi, dan fleksibel. Dengan demikian, kendaraan bisa dikustomisasi dengan mudah sesuai keinginan dari konsumen.

"Jika kami memiliki teknologi untuk membuat mobil yang lebih kecil, lebih rendah, dan lebih ringan, mulai dari mobil sport, SUV, hingga truk pikap dan van kecil, kami dapat menciptakan jajaran produk yang beragam dengan kualitas yang luar biasa," lanjut Sato.

Untuk menunjang terbuatnya kendaraan masa depan, Toyota telah meninjau dasar-dasar dalam pembuatan mobil serta meningkatkan performa dasar seperti jarak tempuh baterai. Seperti yang diketahui, Toyota tengah berupaya membuat baterai listrik sendiri yang bakal disematkan pada mobil listriknya. Baterai tersebut rencananya bakal diluncurkan pada 2026 atau 2027.

Selain itu, Toyota juga berusaha membuat kendaraan dengan interior yang memiliki gravitasi rendah dan luas. Desain kendaraan ini sudah menjadi impian banyak pengendara di masa lalu. Tentunya, dengan interior yang luas akan memberikan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

"Untuk melakukan hal ini, kami perlu membuat komponen utama yang jauh lebih kecil dan lebih ringan, serta mengerahkan kekuatan kami sebagai pembuat mobil untuk menggabungkannya dalam paket terbaik," ujar Sato.

Selain menghadirkan FT-Se, FT-3e, Kayoibako, EPU dan Land Cruiser Se, Toyota memboyong kendaraan niaga buatan Indonesia yakni Toyota Rangga. Sementara Rangga baru dikenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan rencananya resmi meluncur pada awal 2024.