Toyota Yaris Cross 2024 Mendapatkan Pilihan Hybrid dan Layar yang Lebih Besar

Rabu, 22 November 2023 | 08:01 WIB

News Image Toyota Yaris Cross 2024

Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota mengumumkan crossover subkompak Yaris mendapatkan sentuhan baru. Menyusul versi supermini dan facelift dari Yaris, mengalami peningkatan pada bagian mesin.

Carscoops melaporkan Toyota Yaris Cross kini tersedia dengan powertrain hybrid. Dengan demikian, pengemudi bisa merasakan mesin yang semakin bertenaga di mana mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 130 hp dan torsi maksimum 185 Nm.

Selain itu, pengendara juga akan merasakan manfaat dari teknologi yang lebih canggih pada bagian kabin didukung dengan insulasi yang lebih baik serta fitur keselamatan yang lebih mumpuni.

Dengan dukungan powertrain Hybrid 130, mesin Toyota Yaris Cross dipadukan dengan 1.5 liter. Dengan tenaga yang dihasilkan lebih besar, crossover subkompak milik Yaris ini mampu berakselerasi dengan kecepatan 0-100 km per jam dalam waktu 10,7 detik. Artinya, waktu yang ditempuh versi hybrid lebih cepat 0,4 detik dari versi standar.

Toyota juga memberikan pilihan hybrid 115 di mana tenaga yang dihasilkan sebesar 114 hp dan torsi puncak 141 Nm. Produsen otomotif dari Negeri Sakura ini mengklaim bahwa teknologi hybrid ini mampu mengisi daya sendiri. 

Keunggulan tersebut menjadi ‘faktor penentu nomor satu’ yang bakal diminati oleh pembeli Yaris Cross. Oleh sebab itu, Toyota tidak menawarkan versi B-SUV yang menggunakan bahan bakar bensin di Eropa. 

Dilihat pada bagian tampilan luar, Yaris Cross versi hybrid masih mengadopsi versi pendahulunya namun mendapatkan tambahan pilihan warna yakni Juniper Blue. Kemudian trim Premier Edition tingkat atas tampil lebih menonjol dengan warna Urban Khaki sehingga memperlihatkan gaya lebih ekslusif. Lalu didukung dengan satu set velg berukuran 18 inci versi terbaru.

Beralih pada bagian interior, Toyota menghadirkan teknologi yang lebih canggih sehingga bisa sejajar dengan pesaing lainnya. Perusahaan juga menawarkan pilihan antara cluster instrument digital 7 inci atau 12,3 inci serta layar infotainment 9 inci atau 10,4 inci tergantung dari level trim.

Perusahaan juga menyediakan sistem multimude Toyota Smart Connect yang mengalami peningkatan. Dengan adanya pembaruan, fitur pada media tersebut bisa diperbarui melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

Toyota Yaris Cross versi hybrid juga menawarkan Smart Digital Key sebagai remote control alias membuka atau menutup pintu dari jarak jauh layaknya yang disematkan pada hatchback Yaris.

Pembaruan yang menonjol pada bagian interior juga terlihat pada bangku yang dipasangkan pada kabin mobil. Pasalnya, Toyota menawarkan pola jok di semua tipe serta penutup panel instrumen pada bagian bawah yang lebih menyenangkan.

Fitur keselamatan pada Yaris Cross hybrid turut mengalami peningkatan. Pasalnya, ada kamera baru serta pemindaian radar yang lebih jauh dan luas. Lalu, ada pembaruan pada ADAS yang mencangkup Pre-Collision System, Acceleration Suppression, Proactive Driving Assist, Safe Exit Assist, Rear Seat Reminder System, dan Adaptive Cruise Control lebih mulus dan cepat dari sebelumnya.

Toyota Yaris Cross versi hybrid bisa dipesan secara daring pada bulan depan di Eropa. Sementara itu, Toyota belum mengumumkan harga resmi dan perusahaan akan mengungkapkan harga terbaru Yaris Cross saat mendekati peluncuran.