5 Penyebab Klakson Motor Tidak Berbunyi dan Cara Mudah Mengatasinya

Jumat, 18 Oktober 2024 | 06:26 WIB

News Image Ilustrasi klakson motor, Sumber foto: Suzuki.co.ic

Ada beberapa faktor yang menyebabkan klakson motor tidak berbunyi. Berikut ini rangkuman penyebab umum dan cara memperbaikinya, merujuk pada informasi dari Wahana Honda dan Suzuki:

1. Aki Melemah 

Aki merupakan sumber energi dari sistem kelistrikan motor. Aki menyuplai arus listrik agar komponen seperti starter, lampu, hingga klakson dapat menyala. Namun, aki yang bermasalah juga bisa mempengaruhi komponen lainnya. 

Contohnya, klakson menjadi tidak bersuara atau bunyinya tidak nyaring. Solusinya, aki dapat diisi ulang dayanya. Jika masalahnya serius, aki bisa diganti baru.

2.  Kabel Klakson Bermasalah 

Posisi kabel klakson yang tidak presisi dapat menyebabkan bunyi yang keluar tidak lantang. Kabel yang terlepas, putus, atau terbuka juga bisa mempengaruhi suara klakson.

Bila kabel lepas, Anda dapat menyambungkannya kembali. Kalau bunyinya masih kurang terdengar atau melengking, kabel bisa diikat lebih kuat lagi. Namun jika kabel putus atau terkelupas, maka perlu diganti yang baru agar klakson dapat berfungsi dengan normal.

3. Baut Platina Bergeser

Posisi baut platina yang terletak di bagian belakang klakson bisa berubah, contohnya saat motor melewati jalan tidak rata. Posisi yang berubah ini dapat mempengaruhi kinerja klakson. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa menyetel ulang baut platina dengan membuka mur pengunci menggunakan tang dan memutar baut tersebut memakai obeng. Tekan tombol klakson sambil memperbaikinya agar posisinya dapat presisi.

4. Sakelar Klakson Kotor

Sakelar klakson yang kotor atau berkarat bisa menghambat aliran listrik, menyebabkan bunyi klakson menjadi pelan atau tidak terdengar sama sekali. 

Solusinya, Anda dapat melepas sakelar dan membersihkannya menggunakan ampelas halus. Cairan anti karat boleh ditambahkan untuk mencegah karatan muncul kembali.

5. Baut Klakson Kendur

Baut klakson yang kurang dipasang dengan kencang bisa membuat bunyi yang keluar tidak terdengar lantang. Agar klakson berfungsi dengan baik, Anda dapat melepaskan baut dan memposisikan ulang dengan benar.

Jesika

Jesika

Writer