Tesla Buat Kesalahan Baru: Ukuran Font Sistem Pengereman Terlalu Kecil

Jumat, 2 Februari 2024 | 16:52 WIB

News Image Tesla Model 3

Tesla kembali melakukan penarikan besar-besaran. Hal ini tak lazim alias aneh. Terlebih, penarikan tersebut bukan tentang masalah yang terkait pengereman mendadak atau peringatan pemantauan pengemudi atau sabuk pengaman.

Tidak, ini semua tentang ukuran font, lansir The Verge.

Ternyata, ukuran font sistem peringatan rem Tesla terlalu kecil. Seberapa kecil? Lebih kecil dari 3,2 milimeter atau seperdelapan inci, sebagaimana ditentukan oleh Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal (FMVSS).

Oleh karena itu, perusahaan harus menarik kembali 2,19 juta kendaraan yang ada di jalan saat ini.

Kesalahan ini mungkin terlihat sepele. Namun, ukuran font dapat berkorelasi dengan keselamatan ketika semua kontrol kendaraan Anda dipindahkan melalui layar sentuh.

Menurut pemberitahuan penarikan yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), indikator peringatan visual yang lebih kecil dari ukuran yang ditentukan, dapat mengurangi deteksi pengemudi saat menyala, sehingga meningkatkan risiko tabrakan.

Penarikan kembali ini berlaku untuk kendaraan berikut:

- Tesla Model 3 2017-2023

- Tesla Model S 2012-2023

- Tesla Model X 2016-2024

- Tesla Model Y 2019-2024

- Truk Siber Tesla 2024

Seperti biasa, ini bukanlah penarikan kembali dalam pengertian tradisional. Tesla mengatakan akan meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk memperbaiki ukuran font agar sesuai dengan FMVSS.

Ini adalah kedua kalinya Tesla harus mengeluarkan perbaikan perangkat lunak untuk seluruh armadanya dalam beberapa bulan terakhir. Desember 2023 lalu, perusahaan terpaksa meluncurkan pembaruan untuk memperbaiki sejumlah masalah pada sistem Autopilotnya, termasuk kurangnya peringatan yang memadai.

Mungkin akan ada lebih banyak penarikan lagi di masa mendatang. Reuters melaporkan NHTSA telah meningkatkan penyelidikannya terhadap masalah hilangnya power steering Tesla ke analisis teknik – yang merupakan langkah yang dilakukan tepat sebelum penarikan kembali.

Sejumlah pemilik Tesla telah memposting keluhan ke Reddit dan papan pesan lainnya dalam beberapa bulan terakhir tentang hilangnya power steering, seringkali saat mengemudi.