6 Masalah yang Terjadi Pada iPhone 15, Mulai dari Overheat hingga Mati Mendadak

Kamis, 19 Oktober 2023 | 19:50 WIB

News Image iPhone 15 Pro Max

Euforia kehadiran iPhone 15 terasa di berbagai dunia termasuk Indonesia. keempat iPhone 15 yakni iPhone 15 (reguler), iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max baru resmi hadir di Tanah Air pada bulan ini. 

Sayangnya, sejak rilis secara global pada 13 September lalu, perangkat Apple ini sudah menuai respon negatif sejumlah pengguna karena beberapa alasan. Lantas apa saja masalah yang dialami para pengguna iPhone 15? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Overheat

Pengguna iPhone 15 mengeluhkan jika perangkatnya lebih cepat panas alias overheat terutama ketika menggunakan fitur fast charging. Bukan hanya itu, ponsel milik Apple ini juga mengalami kenaikan suhu perangkat saat bermain game atau saat perekaman video 4K.

Melalui pengujian Android Autority, iPhone 15 dinilai lebih panas dibandingkan perangkat Android seperti Samsung dan Google. Kendati demikian, Apple menegaskan bahwa semua perangkatnya akan mudah panas ketika menggunakan fitur fast charging.

2. iOS 17 Lambat

Bagi pengguna iPhone 15 mulai mengeluhkan jika sistem operasi iOS 17 membuat kinerja ponsel melambat. Selain itu, baterai perangkat juga akan cepat habis sehingga pengguna tidak merasa nyaman dengan update iOS ini. Rupanya hal ini tidak hanya terjadi satu kali, pengguna Apple juga mengeluhkan ketika Apple menggunakan iOS terbaru sebelumnya seperti iOS 15 dan iOS 16.

Untuk mengatasi masalah ini, Apple merilis iOS 17.0.1. Bukan hanya iPhone 15 saja yang bisa merasakan update iOS tersebut melainkan untuk iPhone XR/XS ke atas.

3. Masalah Saat Transfer Data

Pengguna tampaknya harus sabar ketika mencoba untuk transfer data dari perangkat lama ke iPhone 15. Pasalnya, pengguna hanya melihat logo Apple dikarenakan bug. Untuk mengatasi masalah ini, Apple akhirnya merilis update iOS 17 yakni iOS 17.0.2. Sistem operasi Apple ini bukan hanya teruntuk iPhone 15 saja melainkan perangkat kompatibel dengan iOS 17.

4. Masalah di Bodi

Terbuat dari bahan titanium, rupanya tidak membuat sebagian pengguna senang. Justru sebaliknya, pengguna mengeluhkan iPhone 15 dengan bahan titanium lebih cepat kotor seperti bekas sidik jari. Bahkan ada yang kecewa lantaran desain layar tidak presisi pada setiap sisi.

Seorang YouTuber JerryRigEverything merasa tidak puas dengan iPhone 15 Pro Max setelah melakukan uji ketahanan dan hasilnya tidak lolos pengujian. Dalam video yang dibagikan, Jerry sempat menekan perangkat itu dengan kedua jarinya dan hasilnya layar retak tidak lama kemudian. Ketahanan iPhone 15 dinilai tidak lebih baik dari model lama.

5. Perangkat Screen Burn In

Screen burn in merupakan layar meninggalkan bekas widget atau keyboard ketika aplikasi ditampilkan dalam waktu yang lama. Salah satu yang mengeluhkan hal ini adalah pengguna iPhone 15 Pro Max. Masalah tersebut rupanya cukup sering dialami pada perangkat yang menggunakan layar OLED. 

Kendati demikian, perusahaan yang menerapkan perangkatnya dengan layar OLED tahu cara untuk mengatasi hal tersebut. Sayangnya, keluhan pengguna terkait screen burn in belum mendapatkan tanggapan dari Apple.

6. Mati Mendadak

Ponsel biasanya akan mati mendadak ketika nge-lag. Namun, hal cukup aneh terjadi pada pengguna iPhone 15. Pasalnya, perangkat ini mati mendadak di waktu tertentu dan didominasi saat malam hari ketika ponsel tidak digunakan.

Seperti halnya pengguna yang mengeluhkan perangkatnya di forum MacRumors, pengguna tersebut menggunakan iPhone 25 Pro Max di mana iOS 17 sudah di-update ke iOS 17.0.3. Ponselnya secara tiba-tiba mati sendiri dan melakukan reboot pada pukul 01.00 dini hari.

Sebab banyak pengguna yang menyayangkan beberapa kejadian yang dialami pada iPhone 15, pastikan untuk berhati-hati ketika menggunakan perangkat bukan hanya pada iPhone. Apabila perangkat mengalami masalah, segera hubungi customer care produsen.