Honda Gandeng Mitsubishi untuk Kembangkan Kendaraan Listrik, Rencana Perdalam Fitur V2G

Kamis, 19 Oktober 2023 | 03:47 WIB

News Image Ilustrasi Honda EV

Honda menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan Mitsubishi Corporation untuk mengembangkan kendaraan di segmen EV (Electric Vehicle). Mitsubishi Corporation berbeda dengan Mitsubishi Motors notabene aliansi dari Renault, Nissan, dan Mitsubishi. 

 

Mitsubishi Motors bergerak di beberapa bidang seperti gas alam, industri infrastruktur, mobilitas, pembangunan kota, dan masih banyak lagi. Sementara Mitsubishi Corporation dan Honda akan bergerak di bidang Bisnis Manajemen Battery Lifetime, Smart Charging, dan Bisnis Manajemen Energi  V2G (Vehicle-to-Grid).

 

"Dalam rangka mempersiapkan era mempopulerkan kendaraan listrik, namun juga mengambil tindakan proaktif terhadap manajemen energi, di mana baterai kendaraan listrik akan digunakan sebagai sumber energi. Kami juga fokus pada sirkulasi sumber daya, termasuk penggunaan kembali baterai kendaraan listrik yang menggunakan sumber daya langka," ujar CEO Honda Global Toshihiro Mibe dilansir dari Gaadiwaadi pada Rabu, 19 Oktober 2023.

 

Bisnis Manajemen Battery Lifetime bertujuan untuk memaksimalkan daya baterai yang akan dipasangkan ke mini-EV Honda yang rencananya bakal diluncurkan pada 2024. Nantinya Mitsubishi dan Honda akan menggunakan sistem pemantauan baterai yang canggih sehingga bisa memaksimalkan masa pemakaian baterai. Sementara baterai yang nantinya menyalurkan daya listrik pada kendaraan bertugas sebagai penyimpanan energi stasioner.

 

Kerjasama selanjutnya yakni Smart Charging diharapkan akan membantu penggunaan mobil EV bisa menekan biaya listrik karena pengisian daya tidak membutuhkan waktu yang lama hingga berjam-jam. Sementara untuk fitur V2G dan energi ramah lingkungan (terbaru) akan memanfaatkan teknologi kontrol canggih untuk sistem manajemen energi.

 

Fitur V2G memungkinkan kendaraan listrik menyalurkan listrik ke jaringan listrik guna membantu memenuhi kebutuhan listrik normal. Mitsubishi rupanya telah menawarkan fitur V2G pada Outlander Hybrid. Sedangkan Honda tengah mempersiapkan kendaraan listrik yang bakal diluncurkan 2024 yakni Honda e, Honda e:NP1, Honda e:NP2, Honda e:NS2, Honda e:N SUV, dan Honda e:N GT.